Rabu, 25 Oktober 2023

ANJURAN UNTUK SELALU BERDZIKIR DALAM PERJALANAN

 

ANJURAN UNTUK SELALU BERDZIKIR DALAM PERJALANAN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Dalam menjalani hidup ini, pada umumnya ada saja waktu dan kesempatan bagi seseorang untuk melakukan safar atau perjalanan baik jauh maupun dekat. Ada yang sering bersafar dan ada pula diantara kita yang tidak sering. Ketahuilah bahwa ketika berada di luar rumah sungguh kita tidak bisa membayangkan kemungkinan ada saja gangguan yang akan dihadapi.

Oleh karena itu, maka sangat dianjurkan dengan sungguh sungguh berserah diri kepada Allah Ta'ala. Diantara cara yang juga sangat baik untuk melindungi diri ketika keluar rumah adalah dengan SENANTIASA BERDZIKIR dalam perjalanan. Diantaranya adalah dengan membaca kalimat kalimat thaiyibah, misalnya : Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaha ilallah, Allahu Akbar ataupun kalimat thaiyibah yang lainnya. Dan juga bisa berdzikir dengan cara dan makna yang lebih luas seperti membaca al Qur an. 

Ketahuilah bahwa gangguan paling banyak berasal dari syaithan baik dari bangsa jin dan bangsa manusia yang bekerja sama dengan syaithan bangsa jin.

Sungguh dzikir adalah benteng yang dapat melindungi dari gangguan  syaithan yang akan melakukan keburukan kepada hamba hamba Allah.  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : 

وَآمُرُكُمْ أَنْ تَذْكُرُوا اللَّهَ فَإِنَّ مَثَلَ ذَلِكَ كَمَثَلِ رَجُلٍ خَرَجَ الْعَدُوُّ فِي أَثَرِهِ سِرَاعًا حَتَّى إِذَا أَتَى عَلَى حِصْنٍ حَصِينٍ فَأَحْرَزَ نَفْسَهُ مِنْهُمْ كَذَلِكَ الْعَبْدُ لَا يُحْرِزُ نَفْسَهُ مِنْ الشَّيْطَانِ إِلَّا بِذِكْرِ اللَّهِ

Dan aku memerintahkan kalian untuk banyak berdzikir kepada Allah. Permisalannya itu, seperti seseorang yang dikejar-kejar musuh, lalu ia mendatangi benteng yang kokoh dan berlindung di dalamnya. Demikianlah seorang hamba, tidak dapat melindungi dirinya dari syaithan, kecuali dengan dzikir kepada Allah (H.R Imam Ahmad).

Selain itu, ketika keluar rumah kita terkadang perlu singgah di suatu tempat maka dianjurkan pula membaca doa yaitu  doa yang diajarkan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam, diriwayatkan dari Sa’ad bin Abi Waqqash  : 

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya. (H.R Imam Muslim).

Syaikh Abdul Aziz bin Baz  mengatakan bahwa di antara yang paling penting dalam menangkal sihir adalah dengan membentengi diri dengan dzikir dan doa yang diajarkan. Di antaranya memperbanyak doa di atas, diucapkan di malam ataupun di siang hari, JUGA KALAU SINGGAH atau masuk di tempat manapun, baik itu di suatu bangunan, di padang sahara, di udara ataupun di lautan. (Majmu` Fataawaa).

Wallahu A'lam. (3.112)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar