Senin, 09 Oktober 2023

RIZKI YANG BERKAH MESKIPUN SEDIKIT

 

RIZKI YANG BERKAH MESKIPUN SEDIKIT

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, Allah Ta'ala telah memberi rizki kepada hamba hamba-Nya dengan takaran yang berbeda beda sesuai dengan kehendak Allah Ta'ala serta hikmah-Nya. Allah Ta'ala berfirman : 

وَٱللَّهُ فَضَّلَ بَعْضَكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ فِى ٱلرِّزْقِ ۚ

Dan Allah melebihkan sebagian kamu atas sebagian yang lain dalam hal rizki. (Q.S an Nahal 71).

Ketika sedikit atau banyak rizki yang diaugerahkan Allah Ta'ala kepada seseorang maka mintalah berkahnya kepada Allah Ta'ala. Ketika rizki disertai berkah itulah kebahagian bagi seseorang karena makna berkah adalah kebaikan yang banyak dan ada terus. Untuk itu maka seorang harus berusaha :

Pertama :  Selalu bersyukur terhadap rizki yang banyak ataupun sedikit dan merasa cukup. 

(1) Bersyukur terhadap rizki, yaitu sebagaimana firman-Nya :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَاشْكُرُوا لِلَّهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Wahai orang orang yang beriman !. Makanlah dari rizki yang baik yang Kami berikan kepadamu dan BERSYUKURLAH KEPADA ALLAH, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya. (Q.S al Baqarah 12)

(2) Merasa cukup terhadap rizki adalah tanda bersyukur. Selain itu, termasuk  cara untuk mendapatkan berkah dari rizki adalah dengan menjaga sikap qanaah sebagai tanda bersyukur kepada Allah Ta’ala. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersada :

 

وكن قنعًا تكن أشكر الناس

Dan jadilah orang yang qanaah niscaya engkau menjadi manusia yang bersyukur(H.R Ibnu Majah, dari Abu Hurairah, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Ketahuilah bahwa disaat rizki disyukuri dan  diridhai sebagai pemberian Allah Ta’ala maka Allah Ta'ala akan memberikan keberkahan atas rizki itu. 

Kedua : Selalu berusaha berinfak dan bersedekah.

Sungguh harta tidak akan berkurang jika selalu digunakan untuk berinfak dan bersedekah bahkan  harta menjadi berkah. Salah satu ciri dari rizki yang berkah adalah bertambahnya harta karena diinfakkan. Allah Ta'ala berfirman :

قُلْ إِنَّ رَبِّى يَبْسُطُ ٱلرِّزْقَ لِمَن يَشَآءُ مِنْ عِبَادِهِۦ وَيَقْدِرُ لَهُۥ وَمَآ أَنفَقْتُم مِّن شَىْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُۥ وَهُوَ خَيْرُ ٱلرَّٰزِقِينَ

Katakanlah : Sesungguhnya Rabb-ku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya). Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, MAKA ALLAH AKAN MENGGANTINYA dan Dialah Pemberi rizki yang sebaik-baiknya. (Q.S Saba' 39).

Wallahu A'lam (3.102)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar