Selasa, 17 Oktober 2023

TERTIPU NAMANYA JIKA KEGIATAN DUNIA MELALAIKAN IBADAH

 

TERTIPU NAMANYA JIKA KEGIATAN DUNIA MELALAIKAN IBADAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, Allah Ta'ala dengan sangat jelas dan tegas berfirman bahwa tujuan penciptaan manusia adalah HANYA UNTUK BERIBADAH KEPADA-NYA. Allah Ta'ala berfirman :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Aku tidak menjadikan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku. (Q.S adz Dzariyat 56). 

Ketahuilah bahwa Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata : Ibadah adalah satu istilah yang menghimpun seluruh apa yang DICINTAI DAN DIRIDHAI oleh Allah Ta'ala berupa perkataan dan perbuatan yang lahir dan yang bathin. (Al 'Ubudiyah).

Untuk tujuan ibadah yang diperintahkan-Nya, Allah Ta'ala memberi manusia petunjuk cara cara beribadah yang diinginkan-Nya yaitu : (1)  IKHLAS KEPADA ALLAH DAN (2) MENGIKUTI CONTOH DARI RASULULLAH SALALLAHU 'ALAIHI WASALLAM.

Berbagai kegiatan dunia sangat banyak menipu manusia sehingga lupa tujuan penciptaannya. Menghabiskan waktu untuk urusan dunia seolah olah akan hidup selamanya. Perhatikanlah peringatan Allah Ta'ala dalam firman-Nya :

أَيَحْسَبُ الْإِنْسَانُ أَنْ يُتْرَكَ سُدًى

Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggungjawaban) ?. (Q.S al Qiyamah36).

Dan juga Allah Ta'ala juga mengingatkan dengan sangat jelas bahwa manusia akan dikembalikan kepada-Nya dan tentu dengan pertanggung jawaban. Allah Ta’ala berfirman :

أَفَحَسِبْتُمْ أَنَّمَا خَلَقْنَاكُمْ عَبَثًا وَأَنَّكُمْ إِلَيْنَا لَا تُرْجَعُونَ

Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami ?. (Q.S al Mu’minun 115).

Al Imam Ibnu Qayyim Al Jauziyah berkata : Apakah kalian diciptakan tanpa ada maksud dan hikmah, tidak untuk beribadah kepada Allah, dan juga tanpa ada balasan dari-Nya ?. (Madaarijus Salikin).

Tentang surat al Mu'minun ayat 115 diatas, Syaikh as Sa'di berkata : Maksudnya, wahai makhluk "bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main main (saja), YAITU SIA SIA DAN BATHIL. Kalian makan dan minum, berjalan dan menikmati kelezatan dunia, sementara Kami membiarkan kalian tanpa memerintahkan dan melarang TANPA MEMBERI PAHALA DAN HUKUMAN ?. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Oleh karena itu, hamba hamba Allah janganlah tertipu dengan kegiatan  dan nikmat dunia sehingga membuat lalai dengan IBADAH SEBAGAI TUJUAN UTAMA PENCIPTAAN MANUSIA. Ingatlah bahwa kegiatan dan nikmat di dunia adalah SARANA UNTUK BERIBADAH KEPADA-NYA.  

Wallahu A'lam. (3.106)

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar