Rabu, 04 Oktober 2023

SUNGGUH IBADAH SHALAT MENDATANGKAN CAHAYA

SUNGGUH IBADAH  SHALAT MENDATANGKAN CAHAYA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh ibadah shalat  fardhu lima waktu sehari semalam adalah salah satu ibadah paling agung dan paling utama setelah dua kalimat syahadat. Betapa agungnya ibadah shalat bagi seorang hamba baik shalat fardhu maupun shalat sunnah, karena merupakan cahaya baginya. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

وَالصَّلَاةُ نُورٌ

Shalat adalah cahaya. (H.R Imam Muslim)

Imam an Nawawi berkata  : Shalat adalah cahaya. Maknanya, shalat bisa mencegah kemaksiatan, mencegah kekejian, mencegah kemungkaran dan memberi petunjuk pada kebenaran sebagaimana cahaya digunakan untuk menerangi. (Syarh Shahih Muslim).

Al Imam Ibnu Rajab al Hambali berkata : Shalat bagi orang-orang mukmin di dunia adalah cahaya untuk hati mereka dan mata bathin mereka. Dengan shalat hati mereka akan bersinar dan teranglah mata bathin mereka. (Jami'ulum wal Hikam).

Al Imam Ibnu Rajab juga berkata : Shalat di akhirat adalah cahaya bagi orang-orang mukmin dalam kegelapan hari kiamat dan di atas jembatan (shirat). Sebab cahaya itu dibagi-bagi di antara mereka sesuai dengan amal mereka. (Jami'ulum wal Hikam).

 Selain itu ketahuilah bahwa shalat juga sebagai penerangan dari kegelapan alam kubur. Terutama bagi mereka yang istiqamah melakukan shalat malam. Dari Abu Dzarr, dia berkata : Shalatlah dua rakaat di kegelapan malam untuk (menerangi) kegelapan kuburan. (Akhbaaru Makkah).

Dalam perkara ini, berkata pula Imam Ibnu Rajab al Hambali : Shalat adalah nur atau cahaya bagi orang-orang beriman di kuburan mereka, terutama shalat malam. (Jami'ulum wal Hikam).

Kesimpulannya, bahwa sungguh shalat adalah nur. Shalat adalah cahaya bagi seorang mukmin. Ia akan menerangi orang orang beriman saat di dunia, nanti di alam kubur, dan juga di akhirat dalam perjalanan menuju surga dengan selamat.

Oleh karena itu orang orang beriman mestilah bersungguh sungguh untuk melaksanakan shalat sebagai yang diajarkan Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam, beliau bersabda : 

وَصَلُّوا كَمَا رَأَيْتُمُونِي أُصَلِّي   

Dan shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat. (H.R Imam Bukhari).

Ketahuilah bahwa perintah shalat sebagaimana beliau perintahkan adalah  berkaitan dengan seluruh aspek shalat. Diantaranya adalah bacaan shalat, gerakannya yang sempurna, waktunya yang harus dijaga, tempatnya (beliau shalat fardhu di masjid, bukan di rumah) dan yang lainnya.

Wallahu A'lam. (3.097)

  

 

 

 

 

 

. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar