Minggu, 22 Oktober 2023

SHALAT LAIL MENDATANGKAN KEMULIAAN

 

SHALAT LAIL MENDATANGKAN KEMULIAAN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Banyak orang di zaman ini sangat menginginkan kemuliaan dirinya. Berbagai cara dilakukan. Ada yang berusaha keras mengumpulkan harta karena merasa kalau memiliki banyak harta mendatangkan kemuliaan. Ada pula yang berusaha mengejar pangkat yang tinggi karena merasa kalau memiliki pangkat yang tinggi mendatangkan kemuliaan.

Ketahuilah bahwa sungguh kemuliaan yang hakiki ada pada orang orang yang bertakwa. Allah Ta'ala berfirman :

إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Sungguh, yang PALING MULIA diantara kamu DISISI ALLAH  ialah orang YANG PALING BERTAKWA. Sungguh Allah Maha Mengetahui Mahateliti. (Q.S al Hujurat 13).

Ketahuilah bahwa sungguh  banyak jalan bagi hamba hamba Allah untuk meraih kemuliaan. Diantaranya adalah dengan melazimkan shalat lail atau shalat malam.  Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam telah menjelaskan  tentang ADANYA KEMULIAAN  pada diri  orang orang yang senantiasa shalat malam, sebagaimana disebutkan Malaikat Jibril  : 

عن سهل بن سعد قال جاء جبريل إلى النبي صلى الله عليه وسلم فقال: يَا مُحَمَّدُ عِشْ مَا شِئْتَ فَإِنَّكَ مَيِّتٌ وَأَحْبِبْ مَنْ شِئْتَ فَإِنَّكَ مَفَارِقُهُ وَاعْمَلْ مَا شِئْتَ فَإِنَّكَ مَجْزِيٌّ بِهِ ثُمَّ قَالَ: يَا مُحَمَّدُ شَرَفُ الْمُؤْمِنِ قِيَامُهُ بِاللَّيْلِ وَعِزُّهُ اسْتِغْنَاؤُهُ عَنِ النَّاسِ

Dari Sahl bin Sa’ad, dia berkata : Jibril datang kepada Nabi Salallahu ‘alaihi Wasallam  lalu berkata : Wahai Muhammad! Hiduplah sesukamu, karena sesungguhnya kamu akan mati, cintailah siapa yang kamu suka, karena sesungguhnya engkau akan berpisah dengannya dan berbuatlah sesukamu, karena sesungguhnya engkau akan diberi balasan karenanya.

Kemudian dia (Jibril) berkata : Wahai Muhammad !, KEMULIAAN SEORANG MUKMIN ADALAH BERDIRINYA DIA PADA MALAM HARI (untuk shalat LAIL), dan keperkasaannya adalah ketidak butuhannya terhadap manusia. (H.R ath Thabarani dalam al-Mu’jam al Ausath, Abu Nu’aim dalam Hilyatul Auliyaa, al-Hakim dalam al-Mustadrak). Hadits ini dinyatakan hasan oleh Syaikh al-Albani dalam Silsilah al hadits ash Shahihah).

Selain itu ketahuilah bahwa sungguh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam sangat menganjurkan umatnya untuk senantiasa melaksanakan qiyamul lail atau shalat tahajud dan beliau menjelaskan keutamaannya.  Beliau bersabda : 

عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأْبُ الصَّالِحِيْنَ قَبْلَكُمْ وَهُوَ قُرْبَةٌ إِلَى رَبِّكُمْ وَمُكَفِّرَةٌ لِلسَّيِّئَاتِ وَمَنْهَاةٌ عَنِ الإِثْمِ

Hendaklah kalian melaksanakan qiyamul lail (shalat malam) karena shalat lail  adalah kebiasaan orang shalih sebelum kalian dan membuat kalian lebih dekat pada Allah. Shalat malam dapat menghapuskan kesalahan dan dosa.  (Al Irwa’ no. 452, Syaikh al Albani mengatakan bahwa hadits ini Hasan).

Wallahu A'lam. (3.110)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar