Sabtu, 30 September 2023

MANFAATKAN TIGA MACAM HARI DI DUNIA

 

MANFAATKAN TIGA MACAM HARI DI DUNIA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh ketika menjalani hidup di dunia kita memiliki tiga macam atau tiga jenis hari yaitu hari yang telah lalu, hari ini dan hari yang akan datang. Semua hari itu mestilah kita ambil manfaat darinya, yakni :

Pertama : Hari kemaren yang sudah berlalu, sudah lewat.

Jadikan hari kemaren sebagai pengalaman. Lakukan introspeksi diri atau muhasabah. Seberapa banyak keburukan, dosa dan maksiat telah terjadi di hari kemaren. Perbanyak memohon ampun dan bertaubat.

Kedua : Hari ini, sekarang ini.

Kesempatan untuk memperbaiki diri. Memperbanyak ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala. Ambil pelajaran dari hari kemaren. Bersungguh sungguh dan bersegera untuk melakukan amal shalih hari ini bahkan detik ini.

Inilah kesempatan paling berharga untuk mempersiapkan bekal menuju negeri akhirat. Sungguh Allah Ta'ala mengingatkan : 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Wahai orang-orang yang beriman. Bertakwalah kalian kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok, dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan. (Q.S al Hasyr 18).

Ketiga : Hari yang akan datang.

Sungguh tak ada jaminan untuk seorang hamba  bisa bertemu dengan dengan hari yang akan datang. Bisa jadi hari esok hanya angan angan yang belum tentu dijangkau oleh umur kita.

Namun demikian tetaplah berusaha merencanakan untuk melakukan yang terbaik untuk hari yang akan datang terutama sekali untuk melakukan amal shalih yang lebih baik dari yang sebelumnya. Sungguh kita tidak tahu bahwa Allah Ta'ala masih memberi kita umur untuk beberapa waktu mendatang.

Sebagai penutup tulisan ini dinukil nasehat dari dua ulama terdahulu, yaitu :

(1) Imam Fudhail bin Iyadh berkata : Kemarin adalah sebuah pengalaman. Hari ini adalah amal. Dan esok adalah angan angan. (Az Zuhud al Kabiir).

(2) Imam Hasan al Bashri berkata : Dunia itu ada 3 hari   :  Pertama, Kemarin. Adapun kemarin telah pergi bersama dengan apa yang ada padanya. Kedua, Besok. Adapun besok (akan datang), maka barangkali kamu tidak bisa mendapatinya. Ketiga, Hari ini. Dan hari ini adalah milikmu, maka beramal-lah (dengan amalan yang baik) padanya. Az Zuhuud al Kabiir).

 

Wallahu A'lam (3.092).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar