Senin, 02 Oktober 2023

SHALAT MALAM TERMASUK SALAH SATU PINTU KEBAIKAN

 

SHALAT MALAM TERMASUK SALAH SATU PINTU KEBAIKAN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, dengan kasih sayang-Nya, Allah Ta’ala menyediakan banyak sekali pintu pintu kebaikan bagi orang orang beriman secara khusus. Diantara pintu pintu kebaikan itu adalah sebagaimana dijelaskan Rasulullah yaitu dalam sebuah hadits hasan shahih. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam  bersabda : (Wahai Muadz) maukah engkau aku tunjukkan pintu pintu kebaikan. Lalu Rasulullah Salallahu alaihi Wasallam bersabda (dalam potongan hadits yang panjang)  : 

ثُمَّ قَالَ: أَلاَ أَدُلُّكَ عَلَى أَبْوَابِ الْخَيْرِ ؟ الصَّوْمُ جُنَّةٌ، وَالصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الْخَطِيْئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ،  

Kemudian beliau bersabda : Inginkah kuberi petunjuk kepadamu pintu-pintu kebaikan? Puasa itu adalah perisai, shadaqah itu menghapuskan kesalahan sebagaimana air memadamkan api, DAN SHALAT SESEORANG DITENGAH MALAM. (H.R at Tirmidzi).

Dari zhahir hadits ini kita bisa mengambil beberapa faedah, satu diantaranya adalah : Shalat seorang hamba ditengah malam adalah merupakan salah satu pintu kebaikan yang utama. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: 

أَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ صَلاَةِ الْمَفْرُوْضَةِ، صَلاَةُ اللَّيْلِ.

Shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat yang dilakukan di malam hari. (H.R Imam Muslim).

Rasulullah sangatlah menganjurkan umatnya untuk melakukan shalat lail ini. Dan shalat lail adalah kebiasaan orang-orang shalih yang betul betul ingin melakukan kebaikan dan mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam  bersabda : 

عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأَبُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ، وَإِنَّ قِيَامَ اللَّيْلِ قُرْبَةٌ إِلَى اللَّهِ، وَمَنْهَاةٌ عَنْ الإِثْمِ، وَتَكْفِيرٌ لِلسَّيِّئَاتِ، وَمَطْرَدَةٌ لِلدَّاءِ عَنِ الجَسَدِ

Hendaklah kalian mengerjakan shalat malam, karena itu merupakan kebiasaan (yang baik)  orang shalih sebelum kalian, mendekatkan diri kepada Allah, mencegah dari perbuatan dosa, menghapus keburukan, dan mencegah  penyakit dari badan. (H.R. Imam Ahmad, at Tirmidzi dan al Hakim).

Selain itu, Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam juga menjelaskan dalam sabda beliau tentang keutamaan shalat malam, sebagaimana sabda beliau yakni dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu anhu ia berkata, aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ فِي اللَّيْلِ لَسَاعَـةً، لاَ يُوَافِقُهَا رَجُـلٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللهَ خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ، وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ.

Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang muslim memohon kepada Allah dari KEBAIKAN DUNIA DAN AKHIRAT  pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan hal tersebut ada di setiap malam. (H.R Imam Muslim).

Wallahu A'lam. (3.094)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar