Kamis, 05 Oktober 2023

ADA PERBUATAN BAIK YANG DAPAT DOA DARI PULUHAN RIBU MALAIKAT

 

ADA PERBUATAN BAIK YANG DAPAT DOA DARI PULUHAN RIBU MALAIKAT

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh malaikat adalah hamba Allah yang mulia. Allah Ta'ala  menjelaskan dalam firman-Nya :

 بَلْ عِبَادٌ مُكْرَمُونَ

Sebenarnya mereka (para malaikat itu) adalah hamba hamba Allah yang dimuliakan. (Q.S al Anbiya' 26).

Imam Ibnu Katsir berkata : Malaikat adalah hamba hamba Allah Ta'ala yang dimuliakan di sisi-Nya pada kedudukan yang tinggi dan maqam yang luhur. Merekan berada dalam puncak ketaatan dalam ucapan dan perbuatan. (Tafsir Ibnu Katsir).

Dan juga, malaikat adalah makhluk yang  selalu taat dan jauh dari maksiat. Allah Ta'ala berfirman :

لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

…. Yang tidak duhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan (Q.S at Tahrim 6).

Jadi, malaikat adalah makhluk yang mulia, selalu taat dan jauh dari maksiat. Oleh karena itu ketika mereka berdoa maka doa mereka sangat mudah untuk diijabah. Beruntunglah ORANG ORANG BERIMAN yang sangat sering dan diberbagai kesempatan mendapat doa dari malaikat.

Ketahuilah ada satu amal shalih atau perbuatan baik orang orang beriman yang didoakan oleh PULUHAN RIBU MALAIKAT yaitu hamba Allah yang mengunjungi orang sakit.

مَنْ أَتَى أَخَاهُ الْمُسْلِمَ عَائِدًا مَشَى فِي خَرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ، فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ، فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ

Barang siapa yang mendatangi saudaranya muslim (yang sakit) untuk menjenguknya, ia berjalan di atas kebun surga hingga ia duduk. Apabila ia duduk, rahmat (Allah) akan menyelimutinya. Bila waktu itu pagi hari, tujuh puluh ribu malaikat akan bersalawat kepadanya hingga sore hari, dan bila ia melakukannya di sore hari, tujuh puluh ribu malaikat tersebut akan bersalawat kepadanya hingga pagi hari. (H.R Imam Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Ketika seseorang mengujungi saudaranya yang sakit maka akan mendatangkan  serta memberi semangat kepada keluarga dan orang yang sakit. Tetapi ternyata orang yang mengunjungi orang sakit akan memperoleh manfaat yang lebih besar lagi yaitu DIDOAKAN OLEH 70 RIBU MALAIKAT.

Selain itu, dalam satu riwayat disebutkan pula bahwa  hamba hamba Allah yang mengkhatamkan al Qur an akan  mendapat doa dari 60 RIBU MALAIKAT. Ini disandarkan kepada sabda (?) Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam : 

إذا ختم العبد القران صلى عليه ختمه ستون ألف ملك.

Apabila seorang hamba mengkhatamkan Al-Qur'an maka dikala ia menamatkan itu enam puluh ribu malaikat mendoakannya. (H.R ad Dailami)

Tetapi ketahuilah bahwa para ulama ahli hadits menjelaskan bahwa HADITS INI PALSU, diantaranya adalah : (1) Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albani, dalam Silsilah hadist Dha'if dan Maudhu'. (2) Syaikh Manshur bin Hasan al Salman, dalam Maudhu'ah Mujarradah 'an al Takhrij.

  

Wallahu A'lam. (3.100)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar