Senin, 30 Juli 2018

BERPEGANG TEGUH KEPADA KEBENARAN


BERPEGANG TEGUH KEPADA KEBENARAN

Oleh :Azwir B. Chaniago

Keadaan yang sangat memprihatinkan menjadi pemandangan sehari hari saat ini. Kita melihat sangatlah banyak manusia berkata, menulis dan berbuat sesuka hatinya. Mereka sepertinya tak menghiraukan apakah yang dikatakan dan diperbuatnya adalah suatu kebenaran atau lebih banyak bohongnya.

Baragkali (?) mereka lupa bahwa semua akan dipertanggung jawabkan dihadapan Allah Ta’ala sebagaimana firman-Nya :

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ ۚ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَٰئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا

Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui, karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggung jawabannya. (Q.S al Isra’ 36)

Ketahuilah kebenaran itu adalah dari Allah yaitu apa yang diiturunkan Allah kepada Rasul-Nya. Allah Ta’ala berfirman : 

الْحَقُّ مِنْ رَبِّكَ ۖ فَلَا تَكُونَنَّ مِنَ الْمُمْتَرِينَ

Kebenaran itu dari Rabbmu. Maka janganlah kamu termasuk orang orang yang ragu ragu. (Q.S al Baqarah 147).

Oleh karenanya setiap muslim haruslah melazimkan dirinya untuk senantiasa mencintai kebenaran dan berada diatas kebenaran. Allah Ta’ala memerintahkan orang orang beriman untuk bersama orang orang yang benar  sebagaimana firman-Nya :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ

Wahai orang orang yang beriman !. Bertakwalah kepada Allah dan bersamalah kamu dengan orang orang yang benar. (Q.S at Taubah 119).

Allah Ta’ala memerintahkan orang orang beriman untuk selalu berkata benar. Allah berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا
يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

Wahai orang orang yang beriman !. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar. Niscaya Allah akan memperbaiki amal amalmu dan mengampuni dosa dosamu. Dan barang siapa mentaati Allah dan Rasul-Nya maka sungguh dia menang dengan kemenangan yang agung. (Q.S al Ahzab 70-71)

Ketahuilah bahwa inti atau hakikat  dari kebenaran itu adalah kebaikan. Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Hendaklah kamu berbuat benar, karena kebenaran itu menunjukkan kepada kebaikan. Dan kebaikan itu menunjukkan jalan ke surga. Seseorang  membiasakan dirinya berkata benar dan menuntut kebenaran sehingga ia tercatat disisi Allah sebagai orang yang benar” (H.R Imam Muslim).

Syaikh Abu Bakar Jabir al Jazairi, dalam Kitab Minhaj al Muslim berkata : (1) Hendaklah seorang Muslim mencintai dan melaksanakan kebenaran lahir bathin, baik dalam perkataan maupun perbuatan. (2) Kebenaran itu menunjukkan jalan ke surga sedangkan surga adalah merupakan cita cita dan harapan tertinggi seorang Muslim. 

Kita bermohon kepada Allah agar diberi petunjuk untuk  selalu berpegang teguh kepada kebenaran yang diturunkan Allah Ta’ala sehingga selamat dunia dan akhirat. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua.

Wallahu A’lam. (1.346).
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar