Kamis, 19 Juli 2018

DUA TEMPAT MENGHAPUS DOSA BAGI ORANG BERIMAN


DUA TEMPAT UNTUK MENGHAPUS DOSA 
BAGI ORANG BERIMAN

Oleh : Azwir B. Chaniago

Orang orang beriman mengetahui betul bahwa tak ada manusia yang tidak punya dosa. Karena Allah Ta’ala dalam hadits qudsi mejelaskan tentang hal ini.

Allah berfirman : 

يَا عِبَادِى إِنَّكُمْ تُخْطِئُونَ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَأَنَا أَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا فَاسْتَغْفِرُونِى أَغْفِرْ لَكُمْ

Wahai para hamba-Ku, sesungguhnya kalian berbuat dosa di malam dan siang hari, dan Aku akan mengampuni seluruh dosa, maka minta ampunlah kepada-Ku, niscaya akan Aku ampuni dosa-dosa kalian. (H.R Imam Muslim).

Orang orang beriman sangatlah takut kepada dosa dosa sekecil apapun. Tetapi Allah Ta’ala Maha Pengampun. Semua dosa orang mukmin akan dihapus kecuali dosa syirik yang belum dimintakan taubat sebelum mati. 

Ketika  orang orang beriman memiliki dosa maka ada  dua tempat atau dua kesempatan untuk menghapus dosanya, yaitu :

Pertama : Pada saat kita hidup didunia sampai nyawa ada ditenggorokan dan ketika matahari belum terbit dari tempat tenggelamnya. Diantara cara menghapus dosa di dunia  adalah : 

(1) Memohon ampun dan bertaubat. Allah berfirman : 

وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Dan bertaubatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang orang yang beriman, agar kamu beruntung.  (Q.S an Nuur 31). 

(2) Mengikuti perbuatan buruk dengan perbuatan baik. 

Allah berfirman : …Innal hasanaati yudzhibnas saiyi-at…  Sesungguhnya perbuatan perbuatan baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan perbuatan yang buruk … (Q.S Huud 114).

Rasulullah bersabda : “ …Wa atbi’is saiyiatal hasanata tamhuhaa …Dan iringilah keburukan dengan kebaikan, niscaya ia (kebaikan) akan menghapuskannya (keburukan)… (H.R Imam Ahmad, at Tirmidzi dan al Baihaqi). 

(3) Banyak berinfak dan bersedekah. Rasulullah bersabda : “ Ashshadaqatu tuthfi-u khathiiata kamaa yuthfi-u maa-un naara”. Sedekah itu menghapus kesalahan sebagaimana air memadamkan api.” (H.R Imam at Tirmidzi).

Selain itu, pada saat di dunia, dosa juga bisa diampuni dengan banyak beribadah dan berbuat kebaikan bahkan  musibah yang diterima dengan sabar seperti penyakit yang diderita.  Dan juga ada dosa tertentu yang bisa dihapus dengan membayar kafarat.

Kedua : Ketika seorang hamba belum dihapus dosanya di dunia maka pada saat  sudah berada di alam akhirat, dosa orang beriman juga bisa dihapus. Diantara cara menghapus dosa di akhirat  adalah dibakar dengan api neraka sampai kita bersih dari dosa. Berapa lama, ya tergantung banyaknya dosa yang bawa ke alam akhirat. Na’udzubillah.

Dari Abi Sa'id al Khudri, sesungguhnya Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasalam bersabda : “Ahli surga akan masuk ke surga, ahli neraka akan masuk ke neraka. Kemudian Allah Ta'ala akan berfirman : Keluarlah kalian, orang yang dalam hatinya terdapat keimanan seberat biji kacang.."  (Mutaffaq 'alaih).
Oleh karena itu maka sebagai orang orang beriman sangatlah kita  berharap dan memohon kepada Allah Ta’ala   agar dosa dosa kita dihapus ketika di dunia sehingga kita akan menghadap Allah Ta’ala dengan qalbun salim.  Dan sungguh sangatlah besar ketakutan kita kalau dosa kita   dihapus   nanti di akhirat  yaitu dengan dibakar dalam api neraka.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.339)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar