Rabu, 18 Juli 2018

AMALAN AMALAN RINGAN MENGANTARKAN KE SURGA


AMALAN AMALAN RINGAN YANG MENGANTARKAN 
KE SURGA
Oleh : Azwir B. Chaniago

Orang orang beriman sangatlah berharap bahkan selalu bermohon kepada Allah Ta’ala agar diberi kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat yaitu dimasukkan ke surga-Nya. Setiap saat kita berdoa : 

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari api neraka. (Q.S al Baqarah 201).

Bahkan ketika orang beriman meminta surga, diperintahkan oleh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam supaya meminta surga tertinggi yaitu surga Firdaus. 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّ فِي الْجَنَّةِ مِائَةَ دَرَجَةٍ أَعَدَّهَا اللَّهُ لِلْمُجَاهِدِينَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ مَا بَيْنَ الدَّرَجَتَيْنِ كَمَا بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ ، فَإِذَا سَأَلْتُمُ اللَّهَ فَاسْأَلُوهُ الْفِرْدَوْسَ فَإِنَّهُ أَوْسَطُ الْجَنَّةِ وَأَعْلَى الْجَنَّةِ أُرَاهُ فَوْقَهُ عَرْشُ الرَّحْمَنِ ، وَمِنْهُ تَفَجَّرُ أَنْهَارُ الْجَنَّةِ

Di surga itu terdapat seratus tingkatan, Allah menyediakannya untuk para mujahid di jalan Allah, jarak antara keduanya seperti antara langit dan bumi. Karena itu, jika kalian meminta kepada Allah, mintalah Firdaus, karena sungguh dia adalah surga yang paling tengah dan paling tinggi. Di atasnya ada Arsy Sang Maha Pengasih, dan darinya sumber sungai-sungai surga. (H.R Imam Bukhari dan  Ibnu Hibban).

Allah Ta’ala telah menjelaskan tentang hamba hamba yang akan mendapat surga-Nya yaitu ORANG ORANG YANG BERIMAN DAN BERAMAL SHALIH. Diantaranya adalah  sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya :

Pertama : Surat al Baqarah ayat 25.

وَبَشِّرِ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۖ

Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang orang yang beriman dan beramal shalih bahwa untuk mereka (disediakan) surga surga yang mengalir dibawahnya sungai sungai. 

Kedua : Surat al Buruj ayat 11.

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْكَبِيرُ

Sungguh, orang orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih mereka akan mendapat surga yang mengalir dibawahnya sungai sungai. Itulah kemenangan yang agung.  

Sungguh Allah Ta’ala Maha Pengasih Maha Penyayang. Ketahuilah bahwa Allah memberi jalan untuk masuk surga kepada orang orang beriman yaitu dengan melakukan amal amal yang kelihatannya kecil, diantaranya :

Pertama : Dengan belajar ilmu.

Agama Islam yang mulia ini, sangat menganjurkan bahkan mewajibkan umatnya untuk belajar ilmu. Terutama sekali adalah ilmu syar’i dan juga ilmu ilmu yang bermanfaat bagi kaum muslimin. Dan belajar ilmu adalah salah satu jalan untuk mudah memasuki surga-Nya Allah Ta’ala.
 
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga. (HR. Muslim, no. 2699)

Bahkan Imam Ibnu Rajab al Hambali menyimpulkan bahwa : Menuntut ilmu adalah jalan paling ringkas menuju surga. (Jami’ al ‘Ulum wa Al-Hikam) 

Kedua : Dengan menyebarkan salam.

Sungguh salam adalah doa kebaikan dari seorang muslim bagi saudaranya muslim yang lain. Ketahuilah bahwa menyebarkan salam termasuk perbuatan ringan yang bisa mengantarkan seorang beriman menuju surga-Nya.

Abdullah bin Amr mengatakan bahwa Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam   bersabda:
 
اعْبُدُوا الرَّحْمَنَ وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ وَأَفْشُوا السَّلاَمَ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِالسَّلاَمِ

Ibadahilah ar Rahman, berikan makanan dan sebarkan salam, niscaya kalian akan masuk ke dalam surga dengan selamat. (H.R at Tirmidzi).

Ketiga : Dengan membaca ayat Kursi  setiap selesai shalat.

Sungguh ayat Kursi adalah  ayat yang paling agung, sebagaimana disebutkan dalam hadits dari Ubay bin Ka’ab.  Dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Wahai Abul Mundzir, ayat apa dari kitab Allah yang ada bersamamu yang paling agung ? Aku menjawab, “Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qayyum.” Lalu beliau memukul dadaku dan berkata :  Semoga engkau mudah memperoleh ilmu, wahai Abul Mundzir.” (H.R Imam Muslim)

Sangatlah dianjurkan membaca ayat Kursi sebagai bagian dari dzikir dzikir setelah shalat. Sungguh ini termasuk amalan yang kelihatannya ringan tetapi jika diamalkan dengan sungguh sungguh maka akan mengantarkan ke surga.

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : 

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الجَنَّةِ اِلاَّ اَنْ يَمُوْتَ

Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian. (H.R an Nasai dalam al Kubra).

Keempat : Dengan menyingkirkan  penghalang dari jalan.

Diantara amal mudah yang bisa mengantarkan seorang hamba ke surga adalah menyingkirkan penghalang di jalan berupa duri ataupun yang lainnya.
  
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَرَّ رَجُلٌ بِغُصْنِ شَجَرَةٍ عَلَى ظَهْرِ طَرِيْقٍ، فَقَالَ: وَاللَّهِ لَأُنَحِّيَنَّ هَذَا عَنْ الْمُسْلِمِيْنَ لَا يُؤْذِيْهِمْ، فَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ.

Dari Abu Hurairah ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengatakan : Ada seseorang melewati sebuah pohon yang ada di tengah jalan, lalu ia berkata : Demi Allah, aku benar-benar akan menyingkirkannya dari kaum muslimin agar tidak mengganggu mereka.  Lalu orang itu dimasukkan ke dalam surga. (H.R Imam Muslim)

Itulah sebagian dari amalan amalan ringan yang bisa mengantarkan seorang hamba ke surga dengan rahmat Allah Ta’ala. Oleh karena itu seorang hamba haruslah bersemangat dalam melakukan berbagai amalan meskipun kelihatannya sederhana dan ringan. 

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.336)


  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar