Rabu, 29 Juli 2020

PENUNTUT ILMU MENGHORMATI DAN MENDOAKAN GURUNYA

PENUNTUT ILMU MENGHORMATI DAN MENDOAKAN GURUNYA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Ilmu, terutama ilmu syariat yang ada pada kita saat ini, sedikit atau banyak, adalah karena pertolongan Allah Ta’ala melalui jasa atau peran guru guru kita dari dahulu sampai sekarang. Dengan ilmu itu maka kita mengetahui AQIDAH YANG LURUS, IBADAH YANG BENAR, AKHLAK YANG TERPUJI DAN CARA BERMUAMALAH DENGAN BAIK. Jika kita sungguh sungguh mengamalkannya dengan ikhlas dan mengikuti petunjuk Rasululah Salallahu ‘alaihi Wasallam  maka akan diperoleh keselamatan di dunia dan keselamatan di akhirat kelak.

Oleh karena itu SANGATLAH PATUT kita berbuat baik kepada guru guru yang telah membagi ilmunya kepada kita muridnya. Terutama adalah ilmu syariat dan tentu juga ilmu dunia yang bermanfaat bagi kaum muslimin. Sangatlah banyak cara untuk berbuat baik kepada guru guru kita, dua diantara adalah :

Pertama : Senantiasa menghormati guru.

Ketahuilah bahwa guru kita  adalah orang berilmu dan tentu tinggi derajatnya disisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah Ta’ala berfirman :

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ

Niscaya Allah akan meninggikan orang orang beriman diantara kamu dan orang orang yang diberi ilmu beberapa derajat. (Q.S al Mujadilah 11).

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

ليس منا من لم يجل كبيرنا و يرحم صغيرنا و يعرف لعالمنا حقه

Tidak termasuk golongan kami orang yang tidak menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda serta yang tidak mengerti hak ulama (H.R Imam Ahmad, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Umar bin Khaththab berkata : Tawadhu’lah kalian terhadap orang yang mengajari kalian. (Atsar, diriwayatkan oleh al Baihaqi)

Jadi, merupakan salah satu adab yang penting bagi penuntut ilmu adalah senantiasa menghormati gurunya karena telah banyak memberikan manfaat baginya. 

Kedua : Mendoakan kebaikan untuk guru

Setiap kebaikan perlu dibalas. Apalagi kepada orang orang yang telah memberikan ilmu yang nilainya tidak bisa dibanding dengan materi. Oleh karena itu kita haruslah berterima kasihlah kepada guru guru.

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

لاَ يَشْكُرُ اللَّهَ مَنْ لاَ يَشْكُرُ النَّاسَ

Tidak dikatakan bersyukur pada Allah bagi siapa yang tidak  (tahu) berterima kasih pada manusia. (H.R Abu Daud dan at Tirmidzi, dishahihkan oleh  Syaikh al Albani).

Salah satu cara berterima kasih kepada guru kita adalah dengan mendoakan banyak kebaikan baginya. Perhatikanlah bagaimana orang orang terdahulu mendoakan guru gurunya. Diantaranya, Abu Bakar al Khalad, seorang murid Imam asy Syafi’I, dia berkata : Aku selalu berdoa kepada Allah di akhir shalatku untuk Imam as Syafi’i. (Siyar an Nubala’). 

Sungguh guru guru kita hakikatnya adalah saudara kita sesama muslim bahkan telah banyak memberi manfaat kepada kita. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam  sangat menganjurkan untuk mendoakan saudara sesama muslim. Mendoakan saudara apalagi guru guru  maka manfaatnya juga akan didapat oleh yang mendoakan. Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam bersabda :  

دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ كُلَّمَا دَعَا لِأَخِيهِ بِخَيْرٍ قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ آمِينَ وَلَكَ بِمِثْلٍ

Doa seorang muslim untuk saudaranya (muslim lainnya) yang tidak berada di hadapannya akan dikabulkan oleh Allah. Di atas kepala orang muslim yang berdoa tersebut terdapat seorang malaikat yang ditugasi menjaganya. Setiap kali orang muslim itu mendoakan kebaikan bagi saudaranya, niscaya malaikat yang menjaganya berkata : Aamiin (semoga Allah mengabulkan) dan bagimu hal yang serupa. (H.R Imam Muslim).

Dalam riwayat yang lain disebut :

مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يَدْعُو لأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ إِلاَّ قَالَ الْمَلَكُ وَلَكَ بِمِثْلٍ

Tidak ada seorang hamba pun yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata kepadanya : Dan bagimu seperti apa yang kamu mohon. (H.R Imam Muslim).

Oleh karena itu, hamba hamba Allah hendaklah senantiasa menghormati guru gurunya dan mendoakan kebaikan bagi dunia dan akhiratnya. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (2.045).

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar