Selasa, 28 Juli 2020

EMPAT TANDA PEMILIK SIFAT HASAD

EMPAT TANDA PEMILIK SIFAT HASAD

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Penyakit atau sifat hasad atau dengki adalah sangat tercela dalam syariat Islam. Sifat hasad ini bisa mendatangi  manusia dari berbagai strata. Yang berbeda mungkin stadiumnya. Ada stadium awal mungkin ada yang sudah akut atau sangat parah.

Lalu apa makna penyakit atau sifat hasad.  Hasad atau dengki adalah sifat seseorang yang  MERASA TIDAK SUKA ATAU BENCI bila melihat orang lain  diberi nikmat oleh Allah. Allah Ta’ala berfirman : 

أَمْ يَحْسُدُونَ النَّاسَ عَلَىٰ مَا آتَاهُمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ ۖ

Ataukah mereka dengki kepada manusia (Muhammad) karena karunia yang telah diberikan Allah kepadanya. (Q.S an Nisa’ 54).

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasalam telah mengingatkan orang orang beriman untuk menjauhi sifat hasad ini. Beliau bersabda : 

لاَ تَحَاسَدُوا

Janganlah kalian saling hasad …. (H.R Imam Muslim)

Abdullah bin Mas’ud berkata : Janganlah kalian memusuhi nikmat-nikmat Allah. Lalu ada yang bertanya : Siapakah yang memusuhi nikmat nikmat Allah. Beliau menjawab : Yaitu orang orang yang hasad atau dengki atas nikmat dan karunia Allah yang diberikan kepada sebagian manusia.

Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimi  berkata : (Sebagian ulama mengatakan) : Hasad artinya berharap hilangnya kenikmatan dari Allah Ta’ala yang ada pada orang lain. Artinya dia berangan angan supaya kenikmatan orang lain itu hilang, baik yang berupa harta, kedudukan, ilmu atau yang lainnya. (Syarah Arba’in an Nawawiyah).

Nah, adakah cara untuk mengetahui apakah seseorang ataupun diri kita sendiri memiliki sifat hasad. Memang ada beberapa tanda. Ketika seseorang hasad kepada si Fulan misalnya, maka paling tidak ada empat tanda, diantaranya :

Pertama : Seseorang yang memiliki sifat hasad itu biasanya suka mencari waktu dan kesempatan untuk membicarakan keburukan si Fulan atau mengghibahnya. Keburukan si Fulan yang dighibahnya mungkin sedikit lalu dibumbui atau di plintar plintir sehingga menjadi keburukan yang amat besar.

Kalaupun belum ditemukan keburukannya maka dibuat berbagai fitnah yaitu mengada ada sesuatu keburukan  yang tidak ada  pada si Fulan yang dihasad.

Kedua : Seseorang yang memiliki sifat hasad itu akan sangat senang jika si Fulan mendapat kesulitan atau keburukan dan sedih jika si Fulan yang dihasadnya itu mendapat kemudahan dan kebaikan.

Ketiga : Seorang yang memiliki sifat hasad itu sangat tidak suka mendengar kalau orang orang disekitarnya membicarakan kebaikan, kehebatan serta kemajuan yang diperoleh si Fulan yang dihasadnya.

Keempat : Seorang yang memiliki sifat hasad itu berusaha menyaingi orang yang dihasadnya dengan berbagai cara bahkan dengan cara yang tidak fair dan curang  

Sekarang mari kita periksa diri masing masing. Mudah mudahan EMPAT KEADAAN INI TAK ADA DALAM DIRI KITA. Kita berdoa dan memohon kepada Allah Ta’ala agar dijauhkan dari sifat hasad, dengki dan suka iri hati. Diantara doanya adalah sebagaimana disebutkan dalam firman Allah Ta’ala :

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

Yaa Rabb kami, ampunilah kami dan saudara saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami. DAN JANGANLAH ENGKAU TANAMKAN KEDENGKIAN DALAM HATI KAMI terhadap orang orang yang beriman. Yaa Rabb kami, sungguh Engkau Maha Penyantun, Maha Penyayang. (Q.S al Hasyr 10).

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (2.044).

 

 

 

 

 

    

  

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar