Sabtu, 18 Juli 2020

ADAKAH GELAR YANG BERMANFAAT UNTUK MASUK SURGA

ADAKAH GELAR YANG BERMANFAAT UNTUK MASUK SURGA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Hampir semua orang di dunia ini menginginkan berbagai gelar. Di bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan dunia orang berusaha keras untuk mendapatkannya. Bersedia  mengorbankan waktu, tenaga, pikiran bahkan harta untuk mendapatkan S-1, S-2, S-3 bahkan gelar sebagai Guru Besar. Kita saksikan ada banyak orang yang mendapatkan beberapa gelar sehingga bisa mengisi di depan dan belakang namanya

Dalam berbagai keterampilan orang orang mengejar berbagai gelar seperti gelar ahli ilmu kelautan,  ahli ilmu kehutanan, ahli ilmu keuangan dan yang lainnya. Sungguh semua gelar itu akan ditinggalkan di dunia kecuali bagi orang orang yang mengamalkan ilmu atau keahliannya itu untuk kemashalahatan kaum muslimin dengan dilandasi iman yang melahirkan amal shalih.

Ketahuilah bahwa ada beberapa gelar dalam syariat yang akan didapatkan hamba hamba Allah dan sangat bermanfaat baginya untuk MEMASUKI PINTU SURGA SESUAI DENGAN GELARNYA. Diantara gelar gelar itu adalah GELAR AHLI SHALAT, GELAR AHLI JIHAD, GELAR AHLI PUASA DAN GELAR AHLI SEDEKAH.

Oleh karena itu hamba hamba Allah ketika berlomba untuk mendapat berbagai gelar dalam urusan dunia HENDAKLAH LEBIH BERSUNGGUH SUNGGUH pula mengejar gelar yang akan mengantarkan menuju surga. Ketahuilah jika seorang hamba TEKUN DALAM SHALAT maka dapatlah gelar AHLI SHALAT. Ketika TEKUN BERJIHAD maka dapatlah gelar AHLI JIHAD. Ketika TEKUN BERPUASA maka dapatlah gelar AHLI PUASA dan ketika TERBIASA BERSEDEKAH maka dapatlah gelar AHLI SEDEKAH.

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam menjelaskan perkara ini dalam sabda beliau yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, dimana orang orang akan dipanggil dari pintu surga :

مَنْ أَنْفَقَ زَوْجَيْنِ فِى سَبِيلِ اللَّهِ نُودِىَ مِنْ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ يَا عَبْدَ اللَّهِ ، هَذَا خَيْرٌ . فَمَنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الصَّلاَةِ دُعِىَ مِنْ بَابِ الصَّلاَةِ ، وَمَنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الْجِهَادِ دُعِىَ مِنْ بَابِ الْجِهَادِ ، وَمَنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الصِّيَامِ دُعِىَ مِنْ بَابِ الرَّيَّانِ ، وَمَنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الصَّدَقَةِ دُعِىَ مِنْ بَابِ الصَّدَقَةِ

Barangsiapa yang berinfak dengan sepasang hartanya di jalan Allah maka ia akan dipanggil dari pintu-pintu surga : Wahai hamba Allah, inilah kebaikan.

Maka orang yang termasuk golongan AHLI SHALAT maka ia akan dipanggil dari pintu shalat. Orang yang termasuk golongan AHLI JIHAD akan dipanggil dari pintu jihad. Orang yang termasuk golongan AHLI PUASA akan dipanggil dari pintu ar rayyan. Dan orang yang termasuk golongan AHLI SEDEKAH akan dipanggil dari pintu sedekah. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (2.037) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar