Rabu, 01 Juli 2020

DATANG TAMBAHAN RIZKI DENGAN BERSYUKUR

DATANG TAMBAHAN RIZKI DENGAN BANYAK BERSYUKUR

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, semua nikmat datangnya dari Allah Ta’ala termasuk rizki berupa harta. Allah Ta’ala berfirman :

وَمَا بِكُم مِّن نِّعْمَةٍ فَمِنَ ٱللَّهِ ۖ ثُمَّ

Dan segala nikmat yang ada padamu (datangnya) dari Allah. (Q.S an Nahal 53)

 

Ketahuilah bahwa rizki berupa harta  dibagikan Alah Ta’ala kepada makhluk-Nya sesuai yang diinginkan-Nya. Ada hamba hamba Allah yang mendapat lebih tapi ada pula yang mendapatkan secukupnya. Allah Ta’ala berfirman : 

وَٱللَّهُ فَضَّلَ بَعْضَكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ فِى ٱلرِّزْقِ ۚ

Dan Allah melebihkan sebagian kamu atas sebagian yang lain dalam hal rizki. (Q.S an Nahal 71)

Dan juga Allah Ta’ala berfirman : 

أَوَلَمْ يَعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ يَبْسُطُ ٱلرِّزْقَ لِمَن يَشَآءُ وَيَقْدِرُ ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Dan tidaklah mereka mengetahui bahwa Allah melapangkan rizki bagi siapa yang Dia kehendaki dan membatasinya (bagi siapa yang Dia kehendaki) ?. Sesungguhnya yang demikian itu terdapat tanda tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berakal. (Q.S az Zumar 52).

Sungguh,  diantara cara untuk mendatangkan TAMBAHAN RIZKI adalah dengan  BERSYUKUR atas rizki yang telah diberikan Allah Ta’ala.  Apakah rizki itu banyak atau secukupnya saja maka seorang hamba haruslah tetap harus bersyukur. Allah Ta’ala  berfirman :

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

 Dan (ingatlah) ketika Rabbmu memaklumkan, sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka pasti adzab-Ku sangat pedih. (Q.S Ibrahim 7).

 

Disini disebutkan kalau engkau bersyukur akan ditambah nikmat bagimu. Ketahuilah bahwa salah satu tanda bersyukur adalah menggunakan nikmat itu di jalan Allah.

Oleh karena itu jika seseorang mendapat nikmat harta lalu dia bersyukur dengan cara membelanjakan sebagian untuk jalan Allah seperti untuk menjaga kehormatan diri agar tidak meminta minta, membelanjakan dalam rangka beribadah, memenuhi kewajiban untuk menafkahi keluarga dan yang lainnya maka Allah menjamin untuk memberikan tambahan terhadap harta tersebut. Sungguh, inilah salah satu  jalan untuk mendatangkan rizki dan tambahannya.

Tentang surat Ibrahim ayat 7 ini, Syaikh as Sa’di berkata : Bersyukur hakikatnya adalah pengakuan hati terhadap nikmat nikmat Allah dan memuji Allah karena nikmat-Nya serta mempergunakan nimat itu DALAM KERIDHA-AN ALLAH. (Tafsir Taisir Karimir Rahman)

Ibnu Mas’ud seorang sahabat yang mulia memberikan penjelasan tentang   firman Allah : “Aku akan menambah nikmat kepadamu”   Allah Ta’ala akan menambah, maknanya adalah : Nikmat yang sudah ada (padamu tidak diambil) dan akan diberikan pula tambahannya. 

Imam Ibnul Qayyim berkata : Allah menjadikan sikap bersyukur sebagai salah satu sebab bertambahnya rizki, pemeliharaan dan penjagaan atas nikmatNya (pada orang yang bersyukur), yaitu  tangga bagi orang bersyukur menuju Dzat yang disyukuri. (Lihat Minhajus Saalikin)

Oleh karena itu, ketika seorang hamba banyak bersyukur yaitu dengan membelanjakan sebagian rizkinya dijalan yang diridhai Allah Ta’ala. Sungguh yang demikian itu adalah salah satu kesempatan baginya untuk mendapatkan tambahan rizki baik jumlahnya maupun berkahnya. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (2.024).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar