Jumat, 17 Juli 2020

MEMBACA TAHMID SETELAH MAKAN-MINUM MENDAPAT RIDHA ALLAH

MEMBACA TAHMID SETELAH MAKAN-MINUM MENDAPAT

RIDHA ALLAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Salah satu keutamaan yang sangat penting untuk dicari bahkan perlu dikejar oleh para hamba secara sungguh sungguh adalah RIDHA ALLAH TA’ALA. Sungguh keselamatan di dunia dan di akhirat akan didapat oleh orang orang yang mendapat ridha Allah Ta’ala.

Dan diantara cara untuk mendapatkan ridha Allah adalah senantiasa membaca tahmid, memuji Allah Ta’ala dengan mengucapkan ALHAMDULILLAH  SETELAH MAKAN DAN MINUM.

Sungguh perkara ini dijelaskan Rasulullah  Salallahu ‘alaihi Wasallam dalam sabda beliau  yaitu hadits dari Anas bin Malik :

إِنَّ اللَّهَ لَيَرْضَى عَنِ الْعَبْدِ أَنْ يَأْكُلَ الأَكْلَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا أَوْ يَشْرَبَ الشَّرْبَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا

Sesungguhnya ALLAH TA’ALA RIDHA kepada hamba-Nya yang mengucapkan tahmid (alhamdulillah) sesudah makan dan minum. (H.R Imam Muslim).

Terus terang, di zaman ini banyak orang yang lalai bahkan lupa atau mungkin tidak tahu  untuk memuji Allah Ta’ala setelah makan dan minum. Sungguh makan dan minum adalah nikmat Allah yang atasnya kita  sangat dianjurkan bahkan wajib memuji Allah Ta’ala atas segala nikmat-Nya.

Sungguh memuji Allah Ta’ala setelah makan dan minum adalah  sunnah Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam yang benar benar sangat  baik untuk diamalkan sebagai salah satu jalan menghidupkan sunnah beliau.

Ketika seorang hamba menghidupkan sunnah Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam  maka itu adalah salah satu cara mencintai beliau. Beliau bersabda :

 من أحيا سنتي فقد أحبني ومن أحبني كان معي في الجنة .

Barangsiapa yang menghidupkan sunnahku maka dia telah mencintaiku. Barangsiapa mencintaiku maka dia akan bersamaku di surga. (H.R at Tirmidzi).

 

Oleh karena itu, mari kita biasakan diri kita untuk senantiasa memuji Allah Ta’ala dengan mengucapkan lafazh ALHAMDULILLAH setelah makan dan minum. Dan tentu juga sangat baik untuk KITA INGATKAN DAN KITA AJARKAN  kepada saudara saudara kita terutama kepada orang orang yang kita cintai.


Sungguh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam telah menjelaskan tentang keutamaan mengajarkan kebaikan kepada orang lain sebagaimana sabda beliau :

 

عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ، فَلَهُ مِثٌلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ    

 

Dari Abu Mas’ud radhiyallahu anhu dia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melakukannya. (H.R Imam Muslim).

 

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (2.036)

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar