Sabtu, 25 Juli 2020

BERDOA UNTUK PERKARA AKHIRAT MESTINYA LEBIH BANYAK

BERDOA UNTUK PERKARA AKHIRAT MESTINYA

LEBIH BANYAK

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Allah Ta’ala telah memberikan banyak nikmat kepada hamba hamba-Nya. Tak terhitung jumlah dan jenisnya. Tetapi Allah Ta’ala, dengan kasih sayang-Nya menyuruh hamba hamba-Nya MEMINTA LAGI TAMBAHAN NIKMAT YANG DIBUTUHKAN.  Allah Ta’ala berfirman :

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Rabb-mu berfirman : Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina. (Q.S al Ghafir 60).

Allah Ta’ala berfirman :

وَاسْأَلُوا اللَّهَ مِنْ فَضْلِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا

Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sungguh Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (Q.S an Nisa’ 32)

Oleh karena itu, di setiap saat kita senantiasa  berdoa dan memohon segala sesuatu yang kita butuhkan.  Cuma saja ada sebagian manusia di zaman ini banyak berdoa untuk kebaikan dunianya bahkan diutamakan perkara dunia. Diantaranya minta dinaikkan jabatan, pangkat dan dinaikkan gaji.

Minta anaknya pintar dalam pelajaran di sekolahnya. Minta agar kebun dan peternakannya memberi hasil yang berlimpah. Minta bisnis maju dan berkembang.  Ini tentu tidak boleh dikatakan sebagai  sesuatu yang salah bahkan JUGA TIDAK DILARANG.

Tapi seharusnya seorang hamba dalam berdoa hendaklah LEBIH BANYAK ATAU MENGUTAMAKAN  memohon kebaikan  di akhirat kelak.   Diantaranya memohon diwafatkan dalam husnul khatimah, dijauhkan dari adzab kubur, memperoleh naungan di Mahsyar, memperoleh catatan amal melalui tangan kanan. Dimudahkan pula ketika  meniti shirat dan paling utama memohon  dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga-Nya. Bahkan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam  menganjurkan untuk memohon mendapat surga tertinggi yaitu surga Firdaus. Beliau bersabda :

فَإِذَا سَأَلْتُمُ اللَّهَ فَسَلُوهُ الفِرْدَوْسَ، فَإِنَّهُ أَوْسَطُ الجَنَّةِ، وَأَعْلَى الجَنَّةِ، وَفَوْقَهُ عَرْشُ الرَّحْمَنِ، وَمِنْهُ تَفَجَّرُ أَنْهَارُ الجَنَّةِ

Jika kalian meminta sesuatu kepada Allah, mintalah (surga) Firdaus. Karena surga Firdaus adalah surga yang paling tengah dan paling tinggi. Di atasnya adalah ‘Arsy (milik) Ar-Rahman, darinya mengalirlah sungai-sungai surga. (H.R Imam  Bukhari no. 7423, dari Abu Hurairah)

Kita memperbanyak doa  untuk memohon kebaikan akhirat karena  memang akhirat itu lebih penting untuk diutamakan  karena memang lebih  kekal sedangkan dunia ini hanya sementara, fana.  Allah Ta’ala telah mengingatkan dalam firman-Nya :

وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَلَلدَّارُالْآَخِرَةُ خَيْرٌ لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ أَفَلَا تَعْقِلُونَ

Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya ? (Q.S al An’aam 32).

Allah Ta’ala berfirman :

وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ الْأُولَىٰ

Dan sungguh yang kemudian itu lebih baik bagimu dari yang permulaan. (Q.S adh Dhuha 4).  

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam selalu membaca doa memohon kebaikan di dunia dan di akhirat.  Anas bin Malik radhiyallahu anhu, menceritakan bahwa upaya untuk bisa meraih kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, sangat menjadi perhatian yang sungguh sungguh dalam doa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam . Beliau paling sering mengucapkan doa :

عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ أَكْثَرُ دُعَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :  اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Dari Anas radhiyallahu anhu , ia berkata bahwa doa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang paling sering diucapkan beliau  adalah :  Ya Allah, Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka. (H.R Imam Bukhari no. 6389 dan Imam Muslim no. 2690).

Perhatikanlah,  doa ini  menunjukkan untuk dunia ada  satu permohonan saja yaitu KEBAIKAN DI DUNIA sedangkan untuk akhirat ada dua permohonan yaitu : (1) KEBAIKAN DI AKHIRAT dan (2) MOHON DIPELIHARA DARI API NERAKA. Ini juga menunjukkan bahwa berdoa untuk akhirat lebih utama. Ketahuilah bahwa doa ini adalah salah satu doa paling baik karena  Allah Ta'ala yang mengajarkannya  yaitu sebagaimana firman-Nya dalam surat al Baqarah ayat 201.

Oleh karena hamba hamba Allah tetaplah memohon tambahan nikmat dan karunia-Nya untuk perkara dunia dan LEBIH MENGUTAMAKAN untuk memohon perkara perkara yang mendatangkan kebaikan dan keselamatan di akhirat.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (2.042)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar