Kamis, 09 Juli 2020

BERLOMBA LOMBALAH DALAM MELAKUKAN KEBAIKAN

BERLOMBA LOMBALAH DALAM MELAKUKAN KEBAIKAN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Kita sering melihat sebagian (besar ?) saudara saudara di zaman ini kelihatan seolah olah berlomba, adu cepat untuk mendapatkan rizki berupa harta dunia beserta pernak perniknya. Sepertinya mereka merasa ingin mendapatkan sebanyak mungkin bahkan kalau bisa ingin mendapat paling banyak. Bahkan ada pula yang menghalalkan segala cara. Na'udzubillah.

Ketahuilah bahwa rizki berupa harta bagi setiap orang dijamin oleh Allah ar Razaq, Maha Pemberi Rizki. Allah Ta’ala berfirman :

وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزْقُهَا

Dan tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan SEMUANYA DIJAMIN ALLAH RIZKINYA. (Q.S Huud 6).

Sungguh setiap orang mendapat rizki sesuai kehendak Allah Ta’ala. Ada yang dapat banyak dan ada pula yang kurang banyak. Allah Ta’ala berfirman :

أَوَلَمْ يَعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ وَيَقْدِرُ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Dan tidaklah mereka mengetahui bahwa Allah melapangkan rizki bagi siapa yang Dia kehendaki dan membatasinya (bagi siapa yang Dia kehendaki) ?. Sesungguhnya yang demikian itu terdapat tanda tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berakal (Q.S az Zumar 52)

Sungguh SEKERAS APAPUN USAHA seorang hamba untuk mendapatkan rizki yang banyak sesuai keinginannya, tidaklah dia akan memperolehnya kecuali apa yang telah ditetapkan Allah Ta’ala baginya. Allah telah menetapkan ukuran atau jumlah yang paling tepat bagi setiap hamba-Nya.

Imam Ahmad berkata : Jika Allah Ta’ala TELAH MENJAMIN RIZKIMU mengapa kamu masih berlebihan dalam (upaya) mencarinya. (Syarah Hadits Arba’in, an Nawawiyah).  

Memang berusaha mendapatkan rizki sangatlah dianjurkan dan termasuk perbuatan terpuji Dalam syariat Islam. Tetapi Dalam hal ini jika seseorang berusaha keras, SEOLAH OLAH BERLOMBA untuk mendapatkan rizki tidaklah dianjurkan. Bahkan ketika seseorang berusaha keras mencari rizki untuk mendapatkan sebanyak banyaknya bisa jadi MEMBUAT DIA LALAI DALAM MEMENUHI KEWAJIBAN IBADAH yang menjadi kewajibannya.

Ketahuilah bahwa dalam syariat Islam memang ada SAAT UNTUK BERSEGERA BAHKAN BERLOMBA yaitu BERLOMBA DALAM MELAKUKAN KEBAIKAN. Sungguh Allah Ta’ala  telah mengingatkan hal ini dalam firman-Nya :

فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ ۚ

Maka berlomba lombalah kamu dalam kebaikan. (Q.S al Baqarah 148).

Syaikh as Sa’di berkata : Barangsiapa yang berlomba dalam (melakukan) kebaikan ketika berada di dunia MAKA DIA AKAN MENJADI PEMENANG DI AKHIRAT DENGAN (MENDAPAT HADIAH) SURGA. Dan orang yang paling depan dalam perlombaan ini ADALAH YANG PALING TINGGI DERAJATNYA.

Syaikh juga menjelaskan : Kebaikan itu meliputi segala hal yang diwajibkan dan yang disunnahkan, seperti shalat, puasa, zakat, haji, umrah dan jihad serta manfaat yang luas maupun yang sempit. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Oleh karena itu hamba hamba Allah mestinya bersegera masuk ke jalur perlombaan dalam melakukan kebaikan. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (2.030)         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar