Selasa, 07 Juli 2020

HAMBA ALLAH WAJIB PUNYA IMAN YANG MELAHIRKAN AMAL SHALIH

HAMBA ALLAH WAJIB PUNYA IMAN YANG MELAHIRKAN AMAL SHALIH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Amat sering kita berdoa memohon kebaikan di dunia dan di akhirat. Diantara doa yang biasa kita panjatkan adalah sebagaimana yang diajarkan Allah Ta’ala :

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari adzab neraka. (Q.S al Baqarah 201).

Selalu berdoa adalah sangat baik bahkan diperintahkan Allah Ta’ala dalam firman-Nya :

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Rabb-mu berfirman : Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina. (Q.S al Ghafir 60).

Allah Ta’ala berfirman :

وَاسْأَلُوا اللَّهَ مِنْ فَضْلِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا

Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. (Q.S an Nisa’ 32)

Selain berdoa, maka yang sangat penting adalah berusaha untuk mendapatkan kebaikan yang diinginkan yaitu dengan MEMILIKI IMAM YANG KOKOH. IMAN YANG MELAHIRKAN AMAL SHALIH. INGAT !. IMAN DAN AMAL SHALIH.

Sungguh Allah Ta’ala menjelaskan dalam banyak ayat tentang kebaikan dan keutamaan yang akan diperoleh dengan memiliki iman yang melahirkan amal shalih, diantaranya adalah :

Pertama : Mendapat ampunan dan pahala yang besar. Allah Ta’ala berfirman :

وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ ۙ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ عَظِيمٌ

Allah telah menjanjikan kepada orang orang yang beriman dan beramal shalih (bahwa) mereka akan mendapatkan ampunan dan pahala yang besar. (Q.S al Maidah 9). 

Syaikh as Sa’di berkata : “Allah telah menjanjikan”, dan Dia tidak mengingkari janji-Nya dan Dia adalah yang PALING BENAR Dalam berkata kepada orang orang yang beriman kepada-Nya, kepada kiab kitab-Nya, Rasul rasul-Nya dan Hari Akhir. “Dan melakukan amal shalih” yang meliputi perkara perkara yang wajib dan yang sunnah, dengan ampunan dari dosa dosa mereka dan maaf dari-Nya serta akibat akibatnya dan menjanjikan pahala yang besarnya hanya diketahui oleh Allah. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Kedua : Mendapatkan surga. Allah Ta’ala berfirman :

وَبَشِّرِ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۖ

 

Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang orang yang beriman dan beramal shalih bahwa untuk mereka (disediakan) surga surga yang mengalir dibawahnya sungai sungai.  (Q.S al Baqarah 25).

 

Syaikh as Sa’di berkata : Dalam ayat ini  disebutkan beberapa unsur : (1) Pemberi kabar gembira. (2) Penerima kabar gembira (3) Hal yang menjadi kabar gembira serta sebab yang menyampaikan kepadanya.

 

Maka pemberi kabar gembira adalah Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam  ataupun umatnya yang berada pada posisinya. Penerima kabar gembira adalah ORANG ORANG BERIMAN YANG BERAMAL SHALIH, sedangkan hal yang menjadi kabar gembira itu adalah surga surga yang telah dijelaskan sifat sifatnya. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

 

Allah Ta’ala berfirman :

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْكَبِيرُ

Sungguh orang orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih mereka akan mendapat surga yang mengalir di bawahnya sungai sungai. Itulah kemenangan yang agung. (Q.S al Buruj 11).

Bahkan Allah Ta’ala akan memberi surga yang paling tinggi yaitu surga Firdaus, sebagaimana firman-Nya :

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلًا

Sungguh, orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih untuk mereka disediakan surga Firdaus sebagai tempat tinggal.  (Q.S al Kahfi 107)

Ketiga : Mendapatkan kehidupan yang baik. Allah Ta’ala berfirman :

مَنْ عَمِلَ صَٰلِحًا مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُۥ حَيَوٰةً طَيِّبَةً ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Barangsiapa yang beramal saleh, laki laki atau perempuan sedangkan dia beriman, akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik. Dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (Q.S an Nahal 97).

Imam Ibnu Katsir berkata : Inilah janji dari Allah Ta’ala bagi orang yang mengerjakan amal shalih, yaitu amal yang mengikuti al Qur an dan as Sunnah, baik laki laki maupun perempuan yang hatinya beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.

Amal yang diperintahkan itu telah disyariatkan dari sisi Allah, yaitu Dia akan memberinya KEHIDUPAN YANG BAIK DI DUNIA  dan memberikan balasan di akhirat kelak dengan balasan yang lebih baik dari pada apa yang telah dikerjakannya. (Tafsir Ibnu Katsir)

Oleh karena itu setiap hamba hendaklah memiliki dan memelihara imannya yaitu iman yang melahirkan amal shalih. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (2.027)

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar