Sabtu, 11 Juli 2020

AMAL SHALIH MODAL UTAMA MENUJU AKHIRAT DENGAN SELAMAT

AMAL SHALIH MODAL MENUJU NEGERI AKHIRAT DENGAN SELAMAT

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh semua kita pasti akan meninggalkan dunia ini dan kembali ke negeri akhirat. Dan sekaranglah saatnya mempersiapkan bekal. Iya sekarang ini saudaraku dan seterusnya sampai kita diwafatkan Allah Ta’ala.

Ketahuilah  bahwa bekal paling utama adalah AMAL SHALIH YANG DILANDASI IMAN. Apa itu amal shalih ?, Secara bahasa bisa dijelaskan bahwa amal maknanya perbuatan dan ucapan sedangkan shalih bermakna baik atau lawan kata dari kerusakan.

Tentang amal shalih, Syaikh Abdurrahman as Sa’di  berkata :  Amalan yang baik dinamakan amal shalih karena dengan sebab amal shalih keadaan urusan dunia dan akhirat seorang hamba Allah akan menjadi baik.  Dan akan hilang seluruh  keadaan- keadaannya yang rusak.

Dengan amalan yang baik tersebut seseorang akan termasuk golongan orang yang shalih yang pantas bersanding dengan Allah Yang Maha Pengasih di dalam surga-Nya. (Tafsir Taisir Karimir Rahman)


Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin  berkata : Bahwa suatu amalan menjadi shalih adalah apabila  terpenuhi di dalamnya dua syarat yaitu : (1)  Ikhlas karena Allah Ta’ala, dan (2) Mengikuti sunnah Rasulullah Muhammad shalallahu ‘alaihi wa salam dalam hal sebab, jenis, kadar, tata cara, waktu, dan tempat (Ahkam Minal Qur an).


Sungguh amal shalih yang dilandasi iman akan menyelamatkan manusia ketika menuju negeri akhirat. Bahkan juga menyelematkan dan memberi kehidupan yang baik di dunia. Allah Ta’ala berfirman :

مَنْ عَمِلَ صَٰلِحًا مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُۥ حَيَوٰةً طَيِّبَةً ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Barangsiapa yang beramal shalih, laki laki atau perempuan sedangkan dia beriman, akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik. Dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (Q.S an Nahal 97).


Imam Ibnu Katsir berkata : Inilah janji dari Allah Ta’ala bagi orang yang mengerjakan amal shalih, yaitu amal yang mengikuti al Qur an dan as Sunnah, baik laki laki maupun wanita yang hatinya beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.

Amal yang diperintahkan itu telah disyariatkan dari sisi Allah, yaitu Dia akan memberinya kehidupan yang baik di dunia di dunia dan memberikan balasan di akhirat kelak dengan balasan yang lebih baik dari pada apa yang telah dikerjakannya. (Tafsir Ibnu Katsir).


Di akhirat kelak mereka akan ditempatkan di surga yang tinggi dan kekal di dalamnya. Allah Ta’ala berfirman :

 وَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَنُبَوِّئَنَّهُمْ مِنَ الْجَنَّةِ غُرَفًا تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ نِعْمَ أَجْرُ الْعَامِلِينَ

Dan orang orang beriman dan MENGERJAKAN AMAL SHALIH, sungguh mereka akan Kami tempatkan pada TEMPAT YANG TINGGI (didalam surga), yang mengalir di bawahnya  sungai sungai. Mereka kekal di dalamnya. Itulah sebaik baik balasan bagi orang berkebajikan. (Q.S al Ankabut 58).


Oleh karena itu, hamba hamba Allah hendaklah terus menerus melakukan AMAL SHALIH YAITU AMAL SHALIH YANG DILANDASI IMAN sampai akhir hayatnya agar selamat di dunia terutama di akhirat kelak. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A‘lam. (2.032). 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar