Sabtu, 09 November 2019

TAK BAIK MENGERASKAN SUARA KETIKA MENGUAP


TAK BAIK MENGERASKAN SUARA KETIKA MENGUAP

Oleh : Azwir B. Chaniago

Manusia dari segala usia tentu pernah bahkan ada yang sering menguap dan menguap itu ternyata seringkali tak bisa ditahan. Sebagian orang ada yang mengeraskan suara ketika menguap. Bahkan menjadi kebiasaannya. Dia merasa kurang puas kalau menguap tanpa mengeluarkan suara keras. Tentang menguap,   ada diantara pakar ada yang menjelaskan bahwa menguap itu ada hubungannya dengan kondisi mengantuk dan kelelahan. 

Ketahuilah bahwa syariat Islam yang  sempurna telah mengatur hal hal yang besar seperti mentauhidkan Allah Ta’ala, beribadah kepada-Nya dan juga mengatur yang segala sesuatu yang dianggap kecil seperti bersin dan menguap.

Tentang menguap, Sungguh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam telah mengingatkan beberapa adab, diantaranya adalah :

Pertama : Menutup mulut dengan tangan.

Rasulullah bersabda, sebagaimana dalam hadis Abu Said al Khudri :

إذا تثاءب أحدكم، فليمسك بيده على فيه، فإن الشيطان يدخل

Jika salah seorang diantara kamu menguap, hendaknya menutup mulutnya dengan tangannya, karena syaithan akan masuk (lewat mulutnya). H.R Imam Muslim.

Kedua : Jaga jangan sampai ditertawakan syaithan.

 التَّثَاؤُبُ مِنْ الشَّيْطَانِ فَإِذَا تَثَاءَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ فَإِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا قَالَ هَا ضَحِكَ الشَّيْطَانُ

Menguap itu dari syaithan. Maka bila seorang dari kalian menguap hendaklah sedapat mungkin ditahannya karena bila seseorang dari kalian menguap dengan mengeluarkan suara haa, syaithan akan tertawa. (H.R Imam Bukhari)

Ketiga : Tahan menguap semampunya

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan bahwa menguap sumbernya dari syaithan sebagaimana  disebutkan dalam  satu hadits : Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

التَّثَاؤُبُ مِنَ الشَّيْطَانِ، فَإِذَا تَثَاءَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ

Menguap itu dari syaithan, jika seorang menguap hendaklah dia tahan semampunya. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Insya Allah ada manfaatnya untuk kita semua. Wallahu A’lam. (1.804).
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar