Minggu, 24 November 2019

BERDOA AGAR MENJADI HAMBA YANG BERSYUKUR


BERDOA AGAR MENJADI HAMBA YANG SELALU BERSYUKUR

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh Allah Ta’ala telah memberikan nikmat yang banyak, utamanya kepada orang orang yang beriman. Nikmat itu sangatlah banyak jenis dan jumlahnya sehingga tak ada yang mampu menghitungnya. Allah Ta’ala berfiman : 

وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَتَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ إِنَّ الْإِنْسَانَ لَظَلُومٌ كَفَّارٌ

Dan jika kamu menghitung nikmat Allah niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh manusia itu sangat zhalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah). Q.S Ibrahim 34).

Memang  manusia sedikit sekali yang bersyukur, Diantaranya ada pula yang tak bersyukur bahkan mengingkari nikmat nikmat Allah Ta’ala. Allah berfirman :

Pertama : Allah Ta’ala berfirman :

وَلَقَدْ مَكَّنَّاكُمْ فِي الْأَرْضِ وَجَعَلْنَا لَكُمْ فِيهَا مَعَايِشَ ۗ قَلِيلًا مَا تَشْكُرُونَ
Dan sungguh, Kami telah menempatkan kamu di bumi dan disana Kami sediakan (sumber) penghidupan untukmu. (Tetapi) sedikir sekali kamu bersyukur.  (Q.S al A’raf 10). 

Kedua : Allah Ta’ala berfirman : 

إِنَّ اللَّهَ لَذُو فَضْلٍ عَلَى النَّاسِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَشْكُرُونَ

Sesungguhnya Allah memberikan karunia kepada manusia tetapi kebanyakan mereka tidak bersyukur.(Q.S al Baqarah 243).

Padahal diantara kewajiban paling penting  orang orang beriman adalah bersyukur terhadap apa yang dianugerahkan Allah Ta’ala. Hakikatnya bisa bersyukur itu juga merupakan nikmat yang besar dan diberikan Allah Ta’ala kepada siapa yang dikehendakinya.

Oleh karena itu perbanyaklah berdoa. Bermohon kepada Allah Ta’ala agar DIJADIKAN HAMBA YANG BERSYUKUR. Diantara doa yang  dianjurkan adalah :

Pertama : Disebutkan dalam surat an Naml 19

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحاً تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Ya Rabb-ku, anugerahkanlah kepadaku ilham untuk terus mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebaikan yang Engkau ridhai, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba hamba-Mu yang shalih.

Kedua : Disebutkan dalam hadits riwayat Imam Ahmad dan Abu Dawud. 

Inilah doa yang diajarkan Rasulullah kepada Muadz bin Jabbal agar selalu bersyukur  :

اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Ya Allah aku mohon pertolongan agar aku selalu ingat kepada Engkau, agar aku selalu bersyukur kepada Engkau dan agar aku beribadah kepada Engkau dengan baik. (H.R Imam Ahmad dan Abu Dawud).

Az Zamakhsyari menyebutkan  dalam kitab tafsirnya tentang Umar bin Khaththab yang mendengar doa seseorang.  Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, ia mendengar seseorang memanjatkan doa : Ya Allah jadikanlah aku bagian dari  orang-orang yang sedikit. 
Umar terheran dan berkata, “Doa apa ini ?.” Orang tersebut menjawab : Aku pernah mendengar firman Allah (yang artinya): Sedikit di antara hamba-Ku yang mau bersyukur. Aku pun berdoa pada Allah agar aku termasuk GOLONGAN YANG SEDIKIT.” Umar pun berkata : Ternyata setiap orang lebih tahu dari Umar.

Insya Allah ada manfaatnya untuk kita semua. Wallahu A’lam. (1.810)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar