Selasa, 05 November 2019

MALAIKAT SUKA MENDOAKAN ORANG BERIMAN


MALAIKAT SUKA MENDOAKAN ORANG BERIMAN
 
Oleh : Azwir B. Chaniago

Malaikat adalah makhluk ghaib yang wajib kita imani akan keberadaan dan tugas tugasnya. Allah Ta’ala menciptakannya dari cahaya sebagaimana dijelaskan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam dalam sabda beliau :

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- خُلِقَتِ الْمَلاَئِكَةُ مِنْ نُورٍ وَخُلِقَ الْجَانُّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ وَخُلِقَ آدَمُ مِمَّا وُصِفَ لَكُمْ

Dari Aisyah dia berkata, Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda, : Malaikat itu diciptakan dari cahaya, Jin diciptakan dari nyala api tanpa asap, dan Adam diciptakan dari apa yang telah disifatkan (Allah Ta’ala di dalam kitab-Nya) untuk kalian. (H.R Imam Muslim)

Ketahuilah bahwa ternyata malaikat sangat senang kepada orang orang orang beriman. Ini dibuktikan dengan  doa doa kebaikan dan permohonan ampunan mereka kepada Allah Ta’ala  bagi orang orang beriman. 

Sangatlah banyak kesempatan dan keadaan orang orang beriman yang didoakan malaikat, diantaranya    adalah malaikat pemikul ‘Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya. Mereka  berdoa untuk orang beriman, yang selalu bertaubat dan yang selalu kembali ke jalan kebenaran. Ini dijelaskan Allah Ta’ala dalam firman-Nya :

الَّذِينَ يَحْمِلُونَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهُ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُونَ بِهِ وَيَسْتَغْفِرُونَ لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا وَاتَّبَعُوا سَبِيلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيمِ
رَبَّنَا وَأَدْخِلْهُمْ جَنَّاتِ عَدْنٍ الَّتِي وَعَدْتَهُمْ وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ
وَقِهِمُ السَّيِّئَاتِ ۚ وَمَنْ تَقِ السَّيِّئَاتِ يَوْمَئِذٍ فَقَدْ رَحِمْتَهُ ۚ وَذَٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

(Malaikat malaikat) yang memikul ‘Arsy dan (malaikat) yang berada di sekelilingnya  bertasbih dengan memuji Rabb-nya dan mereka beriman kepada-Nya serta memohonkan ampunan untuk orang orang yang beriman (seraya berkata) : Ya Rabb kami, rahmat dan ilmu yang ada pada-Mu meliputi segala sesuatu. Maka berilah ampunan kepada orang orang yang bertaubat dan mengikuti jalan (agama)-Mu dan peliharalah mereka dari adzab neraka.

Ya Rabb kami, masukkanlah mereka ke dalam surga ‘Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang orang shalih  di antara nenek moyang mereka, istri istri  dan keturunan mereka. Sungguh Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
Dan peliharalah mereka dari (bencana) kejahatan. Dan orang orang yang Engkau pelihara dari (bencana) kejahatan pada hari itu. Maka sungguh Engkau telah menganugerahkan rahmat kepadanya dan dan demikian itulah kemenangan yang agung. (Q.S al Mukmin 7-9).

Syaikh as Sa’di berkata : (Malaikat pemikul ‘Arsy dan malaikat yang ada disekelilingnya mendoakan orang orang beriman). Ini adalah salah satu diantara faedah dan keutamaan (orang) beriman yang sangat banyak itu. Dimana para malaikat yang sama sekali tidak mempunyai dosa memohonkan ampun untuk orang orang yang beriman. Jadi seorang beriman, karena imannya memperoleh karunia yang agung ini. (Tafsir Taisir Karimi Rahman).

Selain itu, para malaikat  juga mendoakan kenikmatan surga bagi orang beriman serta orang tua, istri, dan keturunannya yakni sebagaimana dimaksud dalam firman Allah Ta’ala :

رَبَّنَا وَأَدْخِلْهُمْ جَنَّٰتِ عَدْنٍ ٱلَّتِى وَعَدتَّهُمْ وَمَن صَلَحَ مِنْ ءَابَآئِهِمْ وَأَزْوَٰجِهِمْ وَذُرِّيَّٰتِهِمْ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ
وَقِهِمُ ٱلسَّيِّـَٔاتِ وَمَن تَقِ ٱلسَّيِّـَٔاتِ يَوْمَئِذٍ فَقَدْ رَحِمْتَهُۥ وَذَٰلِكَ هُوَ ٱلْفَوْزُ ٱلْعَظِيمُ

Wahai Rabb kami, masukkanlah mereka (orang-orang beriman) ke dalam surga ‘Adn yang Engkau janjikan kepada mereka dan orang orang shalih diantara nenek moyang mereka,  istri istri, dan keturunan mereka. Sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.

Dan peliharalah mereka dari (bencana)  kejahatan. Dan orang orang yang Engkau peliharan dari (bencana) kejahatan pada hari itu, maka sungguh Engkau telah menganugerahkan rahmat kepadanya dan demikian itulah kemenangan yang agung. (Q.S Ghafir 8-9)

Oleh karena itu  sangatlah  beruntung ketika kita senantiasa memelihara dan meningkatkan iman kita, sehingga kita termasuk kelompok orang orang yang terus menerus  mendapatkan doa dari makhluk Allah yang mulia yaitu malaikat yang didekatkan kepada-Nya. 

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam.(1.798)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar