Selasa, 26 Desember 2017

ORANG KAFIR SUKA MEMPEROLOK DAN MENGHINA ISLAM

ORANG KAFIR SUKA MEMPEROLOK DAN MENGHINA ISLAM

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh Allah Ta’ala telah mengabarkan bahwa orang kafir itu adalah musuh bagi orang orang beriman. Allah berfirman : “Innal kaafiriina kaanu lakum ‘aduwan mubiinaa”. Sesungguhnya orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu. (Q.S an Nisa’ 101)

Sebagai musuh, maka mereka memiliki keinginan buruk terhadap Islam dan orang orang beriman. Allah Ta’ala befirman :

Pertama : Mereka ingin orang beriman mengikuti millahnya.
Mereka, orang kafir tidak akan senang sebelum orang Islam mau mengikuti agama mereka, millah mereka dan tentu dengan bantuan kongsinya yakni   munafik.
Allah Ta’ala telah mengingatkan dalam firman-Nya : “Wa lan tardha ‘ankal yahuudu wa lan nashaara hattaa tatttabi’a millatahum”. Dan orang orang Yahudi dan Nasrani tidak akan rela kepadamu sebelum engkau mengikuti agama mereka. (Q.S al Baqarah 120). 

Syaikh as Sa’di berkata : Allah Ta’ala mengabarkan kepada Rasul-Nya bahwasanya orang orang Yahudi dan Nasrani tidak akan rela kepada engkau hingga engkau mengikuti agama mereka, karena mereka adalah penyeru penyeru kepada agama yang mereka anut yang mereka anggap sebagai petunjuk. (Tafsir Taisir Karimir Rahman). 
   
Kedua : Mereka ingin memadamkan cahaya (agama) Allah.
Allah berfirman : “Mereka hendak memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut (ucapan ucapan) mereka tetapi Allah tetap menyempurnakan cahaya-Nya meskipun orang orang kafir membencinya”. (Q.S ash Shaff 8).

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata : Termasuk sunnatullah apabila Dia ingin menampakkan agama-Nya maka  Dia membangkitkan para penentang agama, sehingga Dia akan memenangkan kebenaran dan melenyapkan kebathilan karena kebathilan itu pasti akan hancur. (Majmu’ al Fataawaa)

Diantara upaya yang dilakukan orang kafir untuk mencapai keinginan mereka yang buruk itu maka senang sekali memperolok olok agama Islam bahkan menghina orang beriman. Diantaranya adalah sebagaimana dijelaskan Allah Ta’ala  dalam ayat ayat berikut ini :

Pertama : Menghina orang orang beriman.
Allah Ta’ala berfirman :  “Kehidupan dunia dijadikan terasa indah dalam pandangan orang orang yang kafir, dan mereka menghina orang orang yang beriman. Padahal  orang orang yang bertakwa itu berada diatas mereka pada hari Kiamat. Dan Allah memberi rizki kepada orang yang Dia kehendaki tanpa perhitungan. (Q.S al Baqarah 212). 

Kedua : Memperolok olok Rasul.
Allah Ta’ala berfirman : “Alangkah besar penyesalan terhadap hamba hamba itu. Setiap datang seorang Rasul kepada mereka mereka selalu memperolok oloknya”. (Q.S Yaasiin 30)

Ketiga : Mentertawakan orang orang beriman.
Diantara perkara tak baik yang dilakukan oleh orang orang kafir adalah mentertawakan orang orang beriman. Perhatikanlah ayat ayat Allah berikut ini : “Sesungguhnya orang yang berdosa adalah mereka yang dahulu mentertawakan orang orang yang beriman. Dan apabila mereka  (orang orang beriman) melintas di hadapan mereka, mereka saling mengedip ngedipkan matanya. Dan apabila kembali kepada kaumnya mereka kembali dengan gembira ria. Dan apabila mereka melihat (orang orang beriman) mereka mengatakan, sesungguhnya mereka benar benar orang orang yang sesat”. (Q.S al Muthaffifin 29-32).

Demikianlah diantara kelakuan buruk orang orang kafir terhadap Islam dan orang orang beriman. Wallahu A’lam. (1.196).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar