Senin, 18 Desember 2017

DOA YANG PALING SERING DIUCAPKAN RASULULLAH



DOA YANG PALING SERING DIUCAPKAN RASULULLAH

Oleh : Azwir B. Chaniago

Setiap orang sangatlah ingin mendapatkan keselamatan bagi dirinya, keluarganya, hartanya dan yang lainnya. Untuk mendapatkan keselamatan dan kebaikan yang diinginkan, maka manusia disuruh berdoa. Allah berjanji akan mengabulkan doa hamba hambaNya. Allah berfirman : “Wa qaala rabbukum ud’unii astajiblakum.” Dan Rabbmu berfirman : Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Aku perkenankan bagimu. (Q.S al Mu’min 60). 

Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan banyak sekali doa kepada kita, diantara adalah sebagaimana kalimat doa yang disebut dalam surat al Baqarah ayat 201 yakni : Rabbanaa aatinaa fid dun-yaa hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar”. Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari adzab neraka.

Ketahuilah bahwa doa ini paling sering diucapkan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam. Anas bin Malik meriwayatkan bahwa doa ini yang paling sering dipanjatkan oleh Nabi (Mutafaqun ‘alaihi).


Doa ini ringkas, insya Allah mudah dihafalkan dan hampir semua kaum muslimin menghafalkannya.  Sungguh doa ini menghimpun  permohonan kebaikan untuk segala kebaikan di dunia dan di akhirat.

Ada beberapa perkara yang terhimpun dalam doa ini : 

Pertama : Ucapan Wahai Rab kami,
Dalam seruan ini terkandung  pengakuan akan rubuubiyyah Allah, yang mengharuskan seseorang mentauhidkan-Nya dan mengikhlaskan agama untuk Allah semata.

Kedua : Ucapan berikanlah kepada kami kebaikan di dunia.
Ini meliputi semua harapan yang baik bagi hamba di dunia, mencakup keselamatan, rizki yang mensejahterakan, anak yang menjadi penyejuk mata, ilmu yang bermanfaat, amal shalihd dan lain lain yang didambakan setiap hamba. Dan ini semua bisa menjadi penafsiran dari kata hasanah atau kembaikan.

Ketiga : Dan kebaikan di akhirat.
Ini ter masuk banyak hal yaitu masuk surga dan segala yang mengiringinya. Dan nikmat yang paling agung adalah melihat Wajah Allah di surg an_Naim. Seperti firman-Nya : “Bagi orang orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya (yaitu melihat Wajah Allah). Q.S Yunus 26. 
            
Keempat : Jagalah kami dari siksa neraka.
Ini adalah doa agar diselamatkan dari api neraka. Ini mencakup permohonan kepada Allah agar dijauhkan dari sebab sebab masuk neraka seperti melakukan hal hal yang diharamkan dan dosa. (Syaikh Abdur Razzaq al Badr dalam syarah beberapa doa).

Oleh karena itu maka seorang hamba hendaklah melazimkan diri untuk selalu membaca doa ini pada setiap kesempatan karena Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam paling sering mengucapkan doa ini. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.191) 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar