Jumat, 19 Mei 2017

TANTANGAN UNTUK MEMBUAT SEMISAL AL QUR AN



TANTANGAN UNTUK MEMBUAT SEMACAM AL QUR AN

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh al Quran adalah Kalamullah. Keasliannya senantiasa terjaga, gaya bahasanya begitu indah dan sempurna, cerita-ceritanya sangat menarik dan penuh makna dan  pelajaran serta petunjuk yang sangat utama dan  berharga. Diantara keistimewaannya pula adalah  mudah untuk dibaca dan dihafal. Jika dibaca akan  menentramkan hati pembaca bahkan menentramkan hati yang mendengarnya.

Allah Ta’ala telah menjelaskan bahwa al Qur an adalah kitab yang penuh berkah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Salallahu ‘alaihi wasallam. Allah berfirman : Kitaabun anzalnaahu ilaika mubaarakun liyaddabbaruu ayaatihii wa liyatdzakkara uulul albaab”. Kitab (al Quran yang kami turunkan kepadamu penuh berkah agar mereka menghayati ayat ayatnya dan agar orang orang yang berakal sehat mendapat pelajaran. (Q.S Shad 29).

Itulah al-Quran, tidak datang padanya kebatilan sedikit pun baik dari depan maupun dari belakang, karena ia adalah firman-Nya yang Maha Sempurna. Allah berfirman: “Yang tidak datang padanya (Al Quran) kebathilan baik dari depan maupun dari belakangnya, yang diturunkan dari Rabb yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji.” (Q.S Fushshilat 42).

Al Quran  bukan perkataan manusia, bukan hasil produk budaya, bahkan bukan pula berasal dari kreativitas Rasulullah tetapi al Qur an adalah Kalamullah. Oleh karena itu, ketika kaum kafir Quraisy menyatakan bahwa al-Quran adalah karya Rasulullah Salallahu ‘alaihi wa sallam, maka Allah Ta’ala  langsung menantang mereka. Jika benar seperti dugaan kalian wahai kafir Quraisy bahwa al-Quran itu hasil karya manusia, maka buatlah seperti al-Qur’an atau sepuluh surat atau bahkan satu surat saja yang semisal dengan al-Quran ini.

Ini adalah tantangan Allah Ta’ala  kepada mereka, lantas mungkinkah  mereka mampu menjawab tantangan itu ?. Sudah pasti tidak, bahkan sampai hari kiamat mereka tidak akan mampu meskipun mereka berkumpul sesama mereka bahkan dengan mengikut sertakan jin untuk membuatnya.  Mari kita simak firman Allah berikut ini.

Pertama Allah menantang  untuk membuat seperti al Qur an, yaitu 114 surat.

 Allah berfirman : “Katakanlah : Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Quran ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan Dia, Sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain". (Q.S al Isra’ 88).

Ini adalah dalil yang pasti dan petunjuk yang terang atas kebenaran dan kelurusan apa yang dibawa Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam. Allah Ta’ala menantang kalangan manusia dan jin supaya mendatangkan sesuatu yang serupa dengan al Qur an. Allah memberitahukan bahwasanya mereka tidak akan pernah mampu mendatangkan

Kedua : Allah menantang mereka untuk membuat 10 surat.

Ketika mereka tidak mampu membuat semisal al-Quran, Allah kembali menantang mereka agar membuat sepuluh surat saja seperti al-Quran. Allah berfirman: “Bahkan mereka mengatakan: "Muhammad telah membuat-buat Al Quran itu", Katakanlah: "(Kalau demikian), Maka datangkanlah sepuluh surat-surat yang dibuat-buat yang menyamainya, dan panggillah orang-orang yang kalian sanggup (memanggkalian adalah musuhilnya) selain Allah, jika kalian memang orang-orang yang benar". (QS. Huud: 13)

Syaikh as Sa’di berkata : Maksudnya, kalau memang Muhammad telah membuatnya lalu karena dalam urusan kefasihan dan balaghah tiada beda antara kalian dengan Muhammad. Sementara itu kalian adalah benar benar musuh yang berusaha dengan segala upaya yang memungkinkan kalian untuk membatalkan dakwahnya. Jika kalian benar maka datangkanlah sepuluh surat yang sepertinya, sebagai hasil kreasi kalian. (Tafsir Taisir Karimir Rahman)  

Ketiga : Allah menantang mereka untuk membuat satu surat saja.

Ketika mereka ternyata  tidak mampu membuat 10 surat maka Allah Ta’ala menantang mereka agar membuat satu surat saja dan mungkin ini dirasa lebih ringan bagi mereka. Allah  berfirman: “Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Quran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al Quran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar. Maka jika kamu tidak dapat membuat(nya) - dan pasti kamu tidak akan dapat membuat(nya), peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir.” (Q.S al Baqarah 23).

Seakan-akan Allah mengatakan kepada mereka : “Panggil siapa saja yang kalian kehendaki baik para ahli bahasa maupun sastra, penyair dan pujangga, dari golongan jin maupun manusia. Panggillah mereka semua untuk menolong kalian dalam membuat semisal al-Qur’an, sepuluh surat ataupun satu surat saja

Ternyata memang  tidak ada manusia yang  mampu menjawab tantangan Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk membuat semisal al Qur an yaitu sejak diturunkan al Qur an sampai sekarang bahkan sampai hari Kiamat.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallah A’lam. (1.039)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar