Selasa, 06 Januari 2015

MENJAWAB SALAM DENGAN SETARA



MENJAWAB SALAM  SETARA ATAU LEBIH

Oleh : Azwir B. Chaniago

Menyebarkan salam yaitu memberi  dan menjawab salam adalah sesuatu yang disyari’atkan dalam agama Islam dan bernilai ibadah.  Bernilai ibadah jika dilakukan dengan ikhlas dan sesuai petunjuk.  Sangatlah dianjurkan untuk memberi salam dengan sempurna sesuai lafazh yang diajarkan Rasulullah.  

Ketahuilah bahwa semakin sempurna lafazh salam yang diucapkan maka semakin tinggi pula nilainya disisi Allah.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam an Nasa’i, Imam at Tirmidzi dan juga Imam Bukhari dalam Adabul Mufrad, disebutkan bahwa : Seorang laki laki datang kepada Rasulullah dan mengucapkan salam : Assalamualaikum. Nabi menjawab salamnya dan berkata : Sepuluh. Lalu datang laki laki yang lain dan memberi salam : Assalamualaikum wa rahmatullah. Nabi menjawab salamnya dan berkata : Dua puluh.  Dan datanglah laki laki yang ketiga dan memberi salam : Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Nabi menjawab salamnya dan berkata : Tiga puluh.

Maksud sepuluh, dua puluh dan tiga puluh itu adalah pahala bagi yang mengucapkan salam tadi. Sekarang dalam mengucapkan salam kita tinggal pilih mau dapat  10, 20 atau 30 kebaikan. Insya Allah kita akan berusaha memilih yang lebih banyak nilainya disisi  Allah. 

Dalam memberi salam kita boleh mengucapkan lafazh : “Assalamu ‘alaikum” saja. Namun dalam menjawab salam tidak boleh kurang dari yang diucapkan pemberi salam. Minimal setara atau sama. Jika menjawab dengan lebih tentu sangat baik.

Allah berfirman : “Waidz huiyitum bi tahiyaatin fahaiyu bi ahsana minhaa au rudduuhaa. Inna kaana ‘ala kulli syai-in hasiibaa” Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik atau balaslah yang sepadan dengannya. Sungguh Allah memperhitungkan segala sesuatu (Q.S an Nisaa’ 86).

Syaikh as Sa’di dalam Kitab Tafsir Karimir Rahman antara lain menjelaskan bahwa ayat ini sebagai pelarangan untuk tidak membalas (salam, penghormatan) sama sekali atau membalasnya namun lebih rendah darinya.

Wallahu a’lam.  (176)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar