Kamis, 08 Januari 2015

DOA KELUAR RUMAH



BERDOA SEBELUM KELUAR RUMAH

Oleh : Azwir B. Chaniago

Muqaddimah.
Dalam menjalani kehidupan, baik untuk suatu ibadah maupun yang mubah,  manusia senantiasa berada di dua tempat yaitu di dalam rumah atau diluar rumah. Ada yang mengatakan bahwa saat ini lebih  baik banyak berada di rumah dan hanya keluar rumah untuk suatu yang penting saja. Mungkin ini ada baik dan benarnya.  Tapi pada zaman sekarang  berada didalam rumah apalagi di luar rumah sangat sulit bagi kita untuk terhindar dari berbagai fitnah (ujian, cobaan)  kecuali bagi yang mendapat petunjuk dan pertlongan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Fitnah di dalam rumah. 
Ketahuilah bahwa berada di dalam rumah, tidaklah bisa dikatakan aman dari berbagai fitnah atau ujian. Ujian itu antara lain adalah gangguan syaithan. Juga tidak kurang bahayanya adalah fitnah peralatan atau media elektronik dan alat-alat komunikasi yang semakin canggih, media jejaringan sosial seperti internet, facebook dan yang lainnya,  jika tidak digunakan secara bijak.  

Untuk  mengurangi dampak buruk fitnah di dalam rumah ini  banyak  yang bisa kita lakukan yaitu senantiasa berlindung kepada Allah. Gunakan rumah untuk banyak berdzikir, berdoa , shalat dan shalat sunat bagi laki laki, membaca al Qur an dan yang lainnya dalam rangka taqarrub ilallah.  

Fitnah di luar rumah.
Sungguh fitnah yang menghadang di luar rumah lebih banyak, lebih besar dan lebih berbahaya lagi terhadap diri seorang hamba.  Fitnah diluar rumah seringkali sangat sulit kita kendalikan dan bisa membahayakan kepada aqidah, ibadah, akhlak dan muamalah kita. Kenapa, karena di luar rumah kita bertemu, berurusan, bergaul, bermuamalah dengan  berbagai macam manusia dan dengan berbagai  keyakinan dan tingkah laku serta kepentingan masing-masing.

Dzikir dan doa keluar rumah.
Sungguh kita sangat beruntung karena agama kita, Islam adalah agama yang sempurna bagi  keselamatan bagi umatnya di dunia dan akhirat kelak.
Untuk menangkal atau mengurangi dampak buruk terhadap fitnah di luar rumah, agama kita melalui Rasulullah salallahu ‘alaihi wasallam  mengajarkan kita dzikir dan doa sebelum keluar rumah  diantaranya :

Pertama : “Bismillahi, tawakkaltu ‘alallahi. La hawla wala quuwata illa billahi” Dengan nama Allah (aku keluar rumah) dan aku berserah diri kepadaNya. Tidak ada kekuatan kecuali dengan kekuatan Allah semata. (H.R Imam Abu Dawud dan Imam at Tirmidzi). 

Dzikir ini adalah pengakuan yang tulus dari seorang hamba bahwa dia keluar rumah memulai dengan menyebut Asma Allah dan mengaku bahwa tidak ada kekuatan pada dirinya untuk melangkah keluar rumah kecuali dengan anugerah kekuatan dari Allah. Jika terjadi sesuatu fitnah maka kita menyandarkan diri kepada Allah bukan kepada yang lain. Dengan dzikir ini, insya Allah hati menjadi tenteram mulai dari berangkat sampai kembali ke rumah. 

Kedua : “Allahhumma inni a’udzubika an adhilla au udhalla, au azilla au uzalla, au azhlima au uzhlama , au ajhala au yujhala ‘alaiya” Ya Allah, sesunguhnya aku berlindung kepada Engkau agar aku tidak sesat atau disesatkan, tergelincir atau digelincirkan  atau  menzalimi atau  dizalimi (orang)  atau berbuat bodoh atau dibodohi (orang).  H.R Imam  Abu Dawud, Imam at Tirmidzi, Imam an Nasa’i dan Imam Ibnu Majah.

Ini adalah salah satu doa yang sangat agung yang diajarkan Rasulullah  kepada kita sebelum keluar rumah.  Sungguh jika kita keluar rumah maka  haruslah kita memohon perlindungan kepada  Allah terhadap apa-apa  yang mudharat dan bisa terjadi pada diri kita di luar rumah.

Ketahuilah, bahwa jika kita berada di luar rumah sangatlah banyak kemungkinan bisa terjadi, diantaranya adalah tersesat atau disesatkan, tergelincir atau digelincirkan, menzalimi atau dizalimi dan melakukan kebodohan atau dibodohi.
Disesatkan, tergelincir, dizalimi atau menzalimi, berbuat bodoh atau dibodohi bisa bermakna majazi (kiasan) dan bisa bermakna fisik dan bisa bermakna keduanya, ya fisik ya maknawi atau majazi.

Mungkin saja diperjalanan kita dizalimi orang dan mungkin  juga kita yang menzhalimi orang.  Semuanya bisa mendatangkan  mudharat serta membahayakan diri kita dan orang lain.
Perhatikanlah betapa banyak saudara kita bahkan besar kemungkinan kita sendiri pernah mengalami ujian atau fitnah di luar rumah. Ada yang kecopetan, kecelakaan, kena hipnotis dan hartanya diambil, ditipu, kena sihir, kesurupan dan yang lainnya.

Untuk semua itulah kita diajarkan doa keluar rumah oleh Rasulullah agar senantiasa memohon perlindungan kepada Allah dari semua fitnah yang ada diluar rumah. Doa ini adalah doa yang sangat baik dan bermanfaat karena Rasulullah yang mengajarkannya.
Kita bermohon kiranya Allah selalu melindungi  dan memudahkan segala urusan kita.

Allahu a’lam. (179)
       


Tidak ada komentar:

Posting Komentar