Kamis, 29 Januari 2015

MANFAAT BERTANYA DI MAJLIS ILMU



MANFAAT BERTANYA DI MAJLIS ILMU

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh saat ini  sangatlah banyak sarana, media  dan kesempatan untuk belajar ilmu  agama dan ilmu ilmu lainnya yang bermanfaat bagi kaum muslimin. Tapi yang paling utama dalam belajar ilmu adalah hadir di majlis ilmu. Apakah di lembaga pendidikan formal ataupun non formal. 

Diantara keutamaan hadir langsung di majlis ilmu adalah adanya kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi secara langsung dengan guru yang mengajar. Ketahuilah bahwa bertanya ataupun berdiskusi secara langsung, insya Allah akan memberikan tambahan pencerahan bagi yang hadir di majlis ilmu. 

Selain itu masih banyak manfaat lain yang bisa diambil dengan bertanya di majlis ilmu, diantaranya adalah :

Pertama : Dalam rangka mengamalkan perintah Allah, dalam surat an Nahal 43 : Fas’alu aladz dzikri inkuntum la ta’lamun”.  Bertanyalah kepada orang yang berilmu jika kamu tidak mengetahui.
Kedua : Meneladani sahabat yang selalu memiliki keinginan besar untuk bertanya kepada Rasulullah. Dan ketahuilah bahwa sungguh banyak sekali hadits-hadits Rasulullah yang datang karena pertanyaan sahabat. Dan  pertanyaan pertanyaan para sahabat itu melahirkan  ilmu  berupa hadits hadits yang disampaikan melalui jawaban Rasulullah dan  kita rasakan manfaat dan kebaikannya  hingga hari ini bahkan akan bermanfaat bagi orang mukmin sampai hari Kiamat.
Ketiga : Salah satu bukti perhatian seseorang terhadap ilmu. Jamaah yang bertanya adalah termasuk orang yang sangat besar perhatiannya terhadap apa yang diajarkan sehingga menjadi lebih paham.
Keempat : Jamaah yang bertanya akan mendapat tambahan ilmu dari pertanyaan yang dijawab oleh gurunya. Bahkan  dalam banyak kasus, seseorang yang bertanya juga bisa memberikan manfaat kepada jamaah lain terhadap ilmu yang ditanyakan yang mungkin bagi jamaah lain belum terfikir untuk bertanya  tentang suatu hal yang sebenarnya bermanfaat.
Kelima : Pertanyaan dalam majlis ilmu  akan membuat suasana belajar semakin hidup dan bersemangat karena ada interaksi antara jamaah dengan ustadz atau guru yang mengajar.
Oleh karena itu, jika seseorang berada di majlis ilmu maka berusahalah untuk mendapatkan kesempatan bertanya yang insya Allah mendatangkan  kebaikan dan tambahan  ilmu.
Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam.  (192)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar