Selasa, 20 Januari 2015

HIKMAH APA MAKNANYA



KATA HIKMAH APA MAKNANYA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Dalam al Quranul Kariim kita banyak menemukan kata hikmah . Diantaranya adalah dalam surat al Baqarah ayat  269, surat Ali Imran ayat 164, surat Yunus ayat 1, surat Luqman ayat 2, surat Yaasiin ayat 2, surat az Zukhruf ayat 4.

Sehari hari dalam kehidupan, kita juga sering mendengar kata hikmah bahkan tidak jarang pula kita mengucapkan kata ini. Ketahuilah bahwa kata hikmah memiliki makna yang banyak dan kesemuaannya menunjukkan konotasi kebaikan dan manfaat. 

Imam Ibnul Qayyim dalam Madarijus Salikin menyebutkan bahwa kata hikmah dalam al Qur an ada dua macam : 

Pertama : Kata hikmah disebutkan berdampingan dengan kata al Qur an.

Kedua : Kata hikmah disebutkan berdampingan dengan kata yang lain, (tidak dengan  kata al Qur an), pen)

Jika kata hikmah disebutkan berdampingan dengan kata al Qur an maka kata hikmah disitu artinya adalah sunnah atau hadits Rasulullah salallahu ‘alaihi wasallam.

Diantaranya adalah yang disebut dalam surat al Jumu’ah ayat 2 : “Huwalladzii ba’atsa fil ummiyiina rasuulan minhum yatluu ‘alaihim aayaatihii wa yuzakkihim, wa yu’alimuhumul kitaaba wal hikmah, wa inkaanuu minqablu lafii dhalaalin mubiiin” Dialah yang mengutus seorang Rasul kepada kaum yang buta huruf dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat ayat –Nya, menyucikan (jiwa) mereka dan mengajarkan kepada mereka Kitab (al Qur an) dan Hikmah (Sunnah), meskipun sebelumnya mereka benar benar dalam kesesatan yang nyata.

Jika kata hikmah disebutkan berdampingan dengan kata yang lain, tidak dengan kata al Qur an maka maknanya adalah tepat dalam perkataan, perbuatan dan keyakinan serta meletakkan sesuatu pada tempatnya yang sesuai (Syaikh Sa’id bin Ali al Qathani)

Diantara contohnya adalah dalam surat al Baqarah ayat 269 : “Yu’til hikmata man yasyaa-u wa man yu’tal hikmata faqad uutiya khairan katsiiran wamaa yadzdzakkaru  illaa uulul albaab. 
Allah menganugerahkan hikmah kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah itu, ia benar benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang orang yang berakal yang dapat mengambil pelajaran (dari ayat ayat Allah) Q.S al Baqarah 269.

Syaikh as Sa’di dalam menafsirkan makna kata hikmah dalam surat al Baqarah 269 diatas menyebutkan bahwa hikmah adalah ilmu ilmu yang bermanfaat, akal yang lurus, pemikiran yang matang dan terciptanya kebenaran dari perkataan dan perbuatan.
Selanjutnya beliau berkata : Seluruh perkara tidak akan berjalan dengan baik kecuali dengan hikmah yaitu menempatkan segala perkara pada posisinya masing masing. Mendahulukan perkara yang harus didahulukan dan mengulur perkara yang memang harus diulur. (Kitab Tafsir Karimur Rahman).

Itulah makna kata hikmah. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Wallahu A’lam.  (185)        

1 komentar:

  1. Mohon maaf itu ayat Al Baqoroh kurang kasiro, mohon diperbaiki.
    Yu`til-ḥikmata may yasyā`, wa may yu`tal-ḥikmata fa qad ụtiya khairang kaṡīrā, wa mā yażżakkaru illā ulul-albāb

    BalasHapus