Jumat, 12 September 2014

WUDHU' MENGHAPUS KESALAHAN



WUDHU’ DAPAT MENGHAPUS KESALAHAN
 
Oleh Azwir B. Chaniago

Wudhu’ adalah salah satu sarana untuk mesucikan diri dari hadats kecil. Dan seorang yang akan melakukan shalat maka  wajib baginya untuk berwudhu’. Tapi ketahuilah saudaraku bahwa ternyata wudhu’ adalah juga sarana untuk menghapus kesalahan atau dosa. Ya memang benar, karena Rasulullah yang mengabarkan kepada kita melalui sabda beliau dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim No.  244 dan juga yang selainnya, yaitu : 

“Apabila seorang hamba muslim atau mu’min berwudhu’ :
·        Lalu dia membasuh wajahnya, niscaya keluarlah dari wajahnya setiap kesalahan dari (tersebab) pandangannya dengan kedua belah matanya bersama air atau bersama tetes terakhir dari air tersebut.

·        Apabila dia membasuh kedua tangannya, niscaya keluarlah semua kesalahan yang telah dilakukan oleh kedua tangannya bersama air atau  tetes air terakhir.

·        Apabila dia membasuh kedua kakinya, niscaya akan keluarlah setiap kesalahan yang dijalani oleh kedua kakinya bersama air atau atau tetes air terakhir.  
·        Sehingga dia keluar dalam kondisi bersih dari segala dosa”
.
Al Hafizh Ibnu Hajar berkata : Tentang wudhu’ yang mendatangkan ampunan, zhahirnya mencakup dosa besar dan dosa kecil. Akan tetapi para ulama mengkhususkannya dengan dosa dosa kecil, karena pada riwayat yang lain tercantum pengecualian terhadap dosa dosa besar.

Insya Allah ada manfaatnya.  Wallahu A'lam  (059)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar