Sabtu, 06 September 2014

SALAM KEPADA ANAK ANAK


 
MEMBERI SALAM KEPADA ANAK ANAK 

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sebagai Muslim,   kita sudah akrab dengan kegiatan menebar salam yaitu memberi dan menjawab salam  kepada saudara saudara kita sesama muslim. Kita bersyukur kepada Allah karena  sudah melazimkan diri  untuk menyebarkan salam  pada setiap kesempatan.
Ketahuilah bahwa salah satu adab dalam memberi dan menjawab salam,  adalah memberi salam kepada anak anak. Mungkin  hal ini belum menjadi kebiasaan  sebagian dari kita. Terluput dari  perhatian  kita. Betapa sering kita melewati sekelompok anak anak yang sedang duduk atau lagi bermain tapi sangat jarang diantara kita yang memberi salam kepada mereka.

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa ini tidak bermanfaat. Kok memberi salam kepada anak anak. Mereka juga belum paham tujuan dan maknanya. Mungkin juga tidak dijawab. Tapi ketahuilah bahwa memberi salam kepada  anak anak adalah disyari’atkan. Diajarkan dan diamalkan oleh Rasulullah dan juga diamalkan oleh para sahabat. Jika sesuatu disyari’atkan berarti melakukannya mempunyai nilai ibadah dan pastilah  disitu ada hikmah, kebaikan dan manfaat yang banyak.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim disebutkan : “Telah menceritakan kepada kami Ali  bin al Ja’d, telah mengabarkan kepada kami Syu’bah dari Sayyar dari Tsabit al Bunani dari Anas bin Malik bahwa dia pernah melewati anak anak kecil, lalu memberi salam kepada mereka dan berkata : Nabi Salallahu ‘alaihi Wasallam juga biasa melakukan hal ini”.

Ketahuilah bahwa Rasulullah memberi salam kepada anak anak adalah sebagai satu tanda sifat tawadhu’ dan kemuliaan akhlak beliau. Dan ini tentulah sangat baik untuk kita contoh dan kita amalkan

Saudaraku, paling tidak ada empat manfaat yang bisa diperoleh  dengan memberi salam kepada anak anak, yaitu :

Pertama : Mengucapkan salam kepada anak anak bermakna kita mengamalkan contoh dari Rasulullah dan menghidupkan sunnah yang sudah langka dikalangan kaum muslimin. Sungguh menghidupkan sunnah adalah bernilai  pahala yang besar  disisi Allah Ta’ala.

Kedua : Memberi salam kepada anak anak  bermakna kita menghargai mereka, menyenangi dan mendoakan mereka. Jelas ini adalah suatu yang bermanfaat.

Ketiga : Ini adalah tarbiyah atau pengajaran yang sangat baik terhadap anak anak. Mereka mulai mengetahui bahwa dalam Islam itu ada adab untuk saling memberi dan menjawab salam yang bermakna saling mendoakan. Mudah mudahan setelah mereka dewasa juga akan mengamalkannya.

Keempat : Insya Allah anak anak akan menjadi senang karena disapa, diperhatikan bahkan diberi salam dan didoakan oleh orang yang lebih tua darinya.

Semoga Allah memberi kekuatan kepada kita untuk mengamalkan sunnah yang sudah mulai langka ini yaitu memberi salam kepada anak anak pada setiap kesempatan.(053)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar