Kamis, 11 September 2014

EMPAT KALIMAT YANG AGUNG



EMPAT KALIMAT YANG AGUNG

Oleh : Azwir B. Chaniago

Muqaddimah.
Salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh seorang hamba adalah banyak berdzikir yaitu banyak mengingat Allah. Allah berfirman : Wahai orang orang yang beriman, ingatlah kepada Allah, dengan mengingat (Nama-Nya) sebanyak banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang. (Q.S al Ahzaab 41)

Rasulullah mengabarkan kepada para sahabat dalam sabda beliau : “Maukah aku kabarkan kepada kalian amal amal kalian  yang terbaik, yang paling suci di sisi Raja kalian, yang paling meningkatkan derajat kalian, dan lebih baik bagi kalian daripada memberikan emas dan perak, serta lebih baik bagi kalian daripada bertemu musuh, lalu kalian memenggal leher mereka dan mereka memenggal leher kalian ? Para sahabat menjawab : Tentu saja wahai Rasulullah. Maka beliau salallahu ‘alaihi wasallam bersabda : Yaitu dzikir kepada Allahazza wa Jalla”. (H.R Imam Ahmad, Imam Ibnu Majah, al Hakim dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Imam Ibnul Qayyim menjelaskan tentang 70 macam manfaat dan keutamaan berdzikir.
 Tiga diantaranya adalah :

Pertama : Dzikir mendatangkan ridha Allah yang Mahapemurah.
Kedua : Dzikir menghilangkan kegelisahan dan kesedihan.
Ketiga : Dzikir mengusir, mengekang dan mengalahkan syaithan.

Keutamaan berdzikir dengan empat kalimat yang  Agung.
Rasulullah mengajarkan kepada kita empat kalimat dzikir yang paling utama dan paling agung yaitu : 1. Subhanallah, 2. Alhamdulillah, 3. Lailaha ilallah dan 4. Allahu Akbar. Beliau sangat menganjurkan kita berdzikir dengan empat kalimat ini disamping kalimat kalimat taiyibah yang lainnya.  Keutamaan dan keagungan empat kalimat ini sangatlah banyak sebagaimana dijelaskan  dalam beberapa sabda Rasulullah, diantaranya adalah :

Pertama : Kalimat yang paling dicintai Allah.
Rasulullah bersabda : “Perkataan yang paling dicintai Allah ada empat : 1. Subhanallah (Mahasuci) 2. Alhamdulillah (Segala puji bagi Allah) 3. La ilaaha illallah (Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah) dan 4. Allahu Akbar (Allah Mahabesar). Tidak mengapa engkau memulai menyebutnya dari yang mana saja”  (H.R Imam Muslim).
Nah, jika ini kalimat yang paling dicintai Allah maka tentu sangatlah baik dan bermanfaat jika kita tidak lupa berdzikir pada setiap kesempatan, dengan empat kalimat ini.

Kedua : Lebih dicintai Rasulullah daripada dunia dan seisinya.
Rasulullah Salallahu ‘alaihi wassalam telah mengabarkan bahwa empat kalimat tersebut lebih beliau cintai daripada apa yang tersinari matahari yaitu dunia dan semua yang ada padanya. Beliau bersabda : “Sungguh aku mengucapkan Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaaha ilallaah dan Allahu Akbar, lebih aku cintai daripada apa apa yang disinari matahari (dunia dan seisinya). H.R Imam Muslim dari Abu Hurairah.

Ketahuilah bahwa semua harta dunia termasuk dunia itu sendiri pasti akan punah sedangkan bacaan kalimat kalimat thaiyabah adalah merupakan amal shalih bagi seorang hamba dan tidak akan pernah hilang sampai kapanpun.

Ketiga : Menghapuskan dosa.
Diriwayatkan dari  sahabat Anas bin Malik bahwa Rasulullah melalui sebatang pohon yang daunnya mengering. Lalu beliau memukul pohon tersebut dengan tongkatnya, maka berguguranlah daun daunnya. Kemudian beliau bersabda : “Sesungguhnya Alhamdulillah, Subhanallah, Laa ilaaha ilallaah dan Allahu Akbar akan menggugurkan dosa dosa seorang hamba sebagaimana bergugurannya dedaunan dari pohon ini. (H.R Imam at Tirmidzi, dengan sanad hasan).
Dosa yang berguguran atau terhapus adalah dosa dosa kecil karena dosa besar hanya bisa dihapus dengan bertaubat.

Keempat : Berat dalam timbangan.
Dari Abu Salma, bahwa dia mendengar Nabi bersabda : “Bagus, sangat bagus lima perkara ini dan alangkah beratnya dalam timbangan amal : 1. Laa ilaaha ilallaah, 2. Subhanallah, 3. Alhamdulillah, 4. Allahu Akbar, 5. Anak shalih seorang muslim yang meninggal lalu ia berharap pahala Allah (atas musibah tersebut).” H.R an Nasa’i, Ibnu Hibban, Imam Ahmad dan yang lainnya).
Sungguh saudaraku, bahwa kita butuh amal yang akan memberatkan timbangan kita untuk keselamatan di hari Kiamat kelak. Jadi jangan lalai berdzikir dengan  kalimat kalimat yang baik ini.

Kelima : Sebagai perisai terhadap api neraka.
Sungguh empat kalimat ini akan datang pada hari Kiamat dan menjadi perisai atau penghalang seseorang yang selalu mengucapkannya, dari jilatan api neraka. Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah bersabda : “Khudzuu junnatakum” Ambillah perisai kalian.
Lalu para sahabat berkata : Wahai Rasulullah, apakah ada musuh yang datang ?. Rasulullah bersabda : “Tidak (tidak ada musuh yang datang) akan tetapi (ambillah) perisai (sebagai pelindung) dari Neraka, yakni dengan mengucapkan : 1. Subhanallah 2. Alhamdulillah 3. La ilaaha ilallah 4. Allahu Akbar. Keempat kalimat itu akan datang di hari Kiamat sebagai mujannabaat (yang berjalan disisi kita) dan sebagai mu’aqqibaat (yang berjalan dibelakang kita). Keempat kalimat itu merupakan al baaqiyaatush shaalihaat (kekal pahalanya hingga hari Kiamat dan berguna bagi pembacanya). Hadits Hasan Lihat Shahiihut Targhib  wat Tarhib).

Keenam : Kalimat pilihan Allah bagi hambanya.
Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memilih kalimat ini bagi para hambaNya. Dan pahala yang besar disediakan bagi orang yang melazimkan diri untuk membacanya.

Dari Abu Hurairah dan juga dari Abu Sa’id al Khudri bahwa Rasulullah salallahu ‘alaihi wasallam bersabda :  “Sesungguhnya Allah telah memilih dari perkataan empat kalimat : Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaaha illallaah dan Allahu Akbar. Maka barangsiapa mengucapkan Subhanallah, Allah menulis duapuluh kebaikan baginya atau dihapus darinya duapuluh kesalahan. Barangsiapa mengucapkan Alllahu Akbar maka ia mendapatkan seumpama yang tadi.
Barangsiapa membaca Laa ilaaha ilallaah akan mendapat seumpama yang tadi. Barang siapa membaca Alhamdulillahi rabbil ‘alamin dengan ikhlas dari dirinya maka dituliskan baginya tigapuluh kebaikan dan dihapuskan darinya tigapuluh kesalahan. (H.R Imam Ahmad dan al Hakim, Lihat shahihut Targhib wa Tarhiib).
 
Oleh karena itu perbanyaklah membaca kalimat ini pada setiap kesempatan karena Allah telah memilihkan kalimat ini untuk hamba hamba-Nya.  Pilihan Allah adalah sesuatu yang terbaik bagi hamba hamba-Nya, jadi jangan diabaikan.

Itulah sebagian dari keutamaan dan manfaat empat kalimat tersebut. Semoga Allah memberi kita  kekuatan untuk selalu melazim dzikir dengan empat kalimat yang agung ini dan dengan kalimat kalimat thaiyibah  lainnya yang  telah diajarkan  oleh Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam.

Wallahu A'lam (057)












Tidak ada komentar:

Posting Komentar