Kamis, 11 September 2014

JANGAN MENGABAIKAN WITIR



JANGAN  MENGABAIKAN SHALAT WITIR

Oleh : Azwir B. Chaniago

Seorang hamba yang menjaga ketaatannya kepada Allah tidaklah akan mengabaikan shalat witir. Shalat witir memang tidak wajib tapi sunat muakkadah yaitu sangat dianjurkan.  Rasulullah bersabda : “Innallahu witrun, yuhibbul witra”  Sesungguhnya Allah itu ganjil yang mencintai (shalat) yang ganjil. (Mutafaqun ‘alaih).

Dari Ali bin Abi Thalib : “Witir bukan keharusan seperti shalat wajib kalian, akan tetapi Rasulullah biasa melakukannya.

Dari Abu Tamim al Jaisyani, dia berkata : Aku mendengar Amr bi al Ash berkata : Seorang laki laki dari sahabat Nabi (Abu Bashrah al Ghifari)  memberitahukan kepadaku bahwa Nabi bersabda : “Innallaha zaadakum shalatan, fashalluhaa fiimaa bainalisya-i ilash shubhi : al witra al witra”. Sesungguhnya Allah menambahkan satu shalat kepada kalian, maka lakukanlah shalat tersebut di antara shalat Isya dan Shubuh, yaitu shalat Witir, shalat Witir. (H.R Imam Ahmad dan Imam ath Thabrani).

Waktu untuk melakukannya juga sangat luas yaitu antara selesai shalat ‘isya dan sebelum waktu shubuh. Waktu paling afdhal adalah sepertiga malam terakhir. Bagi seorang yang sulit untuk bangun pada waktu tersebut maka dia bisa mengerjakan shalat witir di awal waktu yaitu setelah selesai shalat ‘isya.

Mari kita lazimkan diri kita untuk melaksanakan shalat witir ini, karena sangat dianjurkan dan Rasulullah biasa mengerjakannya.  Wallahu A'lam (058)   

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar