Rabu, 30 Juli 2014

JANGAN PERNAH BERHENTI BERSYUKUR



JANGAN PERNAH BERHENTI BERSYUKUR

Oleh : Azwir B. Chaniago

Seorang hamba janganlah pernah berhenti bersyukur kepada Allah karena nikmat Allah juga tidak pernah berhenti tercurah kepada hamba hambanya. Sungguh syukur kita  masih sangat sangat sedikit jika dibanding dengan nikmat yang begitu banyak bahkan tidak terhitung jenis dan jumlahnya. 

Allah berfirman : Wain ta’uddu ni’matallahi laa tuhsuuhaa, innal insaana lazhaluumun kaffar” Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya, sungguh manusia itu sangat zhalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).   Q.S Ibrahim 34.

Ketahuilah bahwa tatkala kita bersyukur, maka kebaikannya adalah untuk kita sendiri, bukan untuk kebaikan Allah. Sungguh seberapa banyakpun syukurnya seorang hamba tidak akan menambah kebesaran dan kekuasaan Allah. Begitu juga kufurnya seorang hamba tidaklah akan mengurangi kekuasaan Allah sedikitpun.

Allah berfirman : “Waman syakara fainnamaa yasykuruu linafsi. Waman kafara fainna rabbi ghaniiyun kariim” Dan barangsiapa  bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan barangsiapa yang ingkar (tidak mau bersyukur), maka sesungguhnya Rabbku Mahakaya lagi Mahamulia (Q.S an Naml 40).

Imam Ibnu Mas’ud berkata : “Adapun manfaat dan tujuan bersyukur adalah untuk mempertahankan nikmat yang telah ada dan untuk mendapatkan tambahannya.” Maksudnya adalah jika kita bersyukur maka nikmat yang telah ada pada kita tidak akan diambil. Kalaupun diambil akan diberikan ganti yang lebih baik. Dan nikmat yang baru sebagai tambahan akan diberikan pula, baik  jumlahnya secara materi dan non materi ataupun berkahnya yang akan ditambah.

Semoga kita senantiasa menjadi ‘abdan syakuura, hamba yang selalu bersyukur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar