Kamis, 17 Juli 2014

TANDA BAIKNYA KEISLAMAN SESEORANG



TANDA BAIKNYA KEISLAMAN SESEORANG

Oleh : Azwir B. Chaniago

Setiap muslim haruslah selalu bercita  cita, berkeinginan dan berusaha dengan sungguh sungguh untuk menjadi seorang muslim yang baik. Baik dalam pandangan manusia dan terutama dan paling utama adalah baik dalam pandangan  Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Untuk mendapatkannya adalah sebagai mana petunjuk  Rasulullah salallahu ‘alaihi wasallam dalam sabda beliau : “Min husni islamil mar’i tarkuhu maa laa ya’niih” Diantara tanda baiknya keislaman seseorang adalah meninggalkan apa yang tidak bermanfaat baginya. (H.R Imam at Tirmidzi, dari Abu Hurairah).

Asy Syaikh Muhammad Shalih al Utsaimin, dalam Kitab beliau Syarah Hadits Arbain an Nawawiyah antara lain menjelaskan hadits ini :

Pertama : Sikap seseorang meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat dan tidak berkaitan dengan segala kepentingannya merupakan tanda bahwa keislamannya itu baik.

Kedua : Orang yang menyibukkan dirinya dengan perkara yang tidak berguna baginya, maka keislamannya tidak baik. Dan hal ini jelas tampak pada sebagian besar manusia. Anda mendapati mereka banyak mengatakan sesuatu yang tidak berguna atau menanyakan  kepada orang lain sesuatu yang tidak bermanfaat. Semua ini menunjukkan lemahnya kualitas keislaman mereka. 
 
Semoga Allah Ta’ala memberikan kekuatan kepada kita untuk menjadi muslim yang baik yaitu dengan terus berusaha meninggalkan segala sesuatu yang tidak bermanfaat.   (015)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar