Senin, 28 Juli 2014

AMRU BIN 'ABASAH BERTANYA



AMRU BIN ‘ABASAH BERTANYA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Para sahabat adalah orang orang yang sangat bersemangat mempelajari ilmu tentang Islam. Diantara caranya adalah dengan senantiasa bertanya kepada Rasulullah pada setiap kesempatan. 
Seorang sahabat yaitu Amru bin ‘Abasah berkata : Aku menghadap Rasulullah dan bertanya kepada beliau :

Siapa yang mengikuti engkau diatas agama ini. Beliau menjawab : Orang merdeka dan budak.

Aku bertanya lagi : Apa Islam itu.  Beliau menjawab : Ucapan yang baik dan memberi makan.

Aku kembali bertanya : Apa iman itu. : Beliau menjawab : Sabar dan bersikap toleran.

Aku bertanya lagi : Siapa orang Islam yang paling baik. Beliau menjawab : Seorang Muslim yang orang Muslim lainnya selamat dari lidah dan tangannya.

Aku bertanya : Apa iman yang paling utama. Beliau menjawab : Akhlak yang baik

Aku bertanya : Bagaimanakah shalat yang utama. Beliau menjawab : Yang paling lama berdirinya

Aku kembali bertanya : Apa hijrah yang paling baik. Beliau menjawab : Meninggalkan hal hal yang paling dibenci oleh Rabbmu.

Aku bertanya lagi. Siapa orang mati syahid yang paling utama. Beliau menjawab : Orang yang kudanya terbunuh dan darahnya tertumpahkan.

Lantas aku bertanya : Kapan waktu yang paling utama. Beliau menjawab : Pertengahan malam yang terakhir.
 
(Lihat Silsilah hadits Shahih Syaikh al Albani no. 551)

Semoga kita bisa mengambil manfaat yang besar dari jawaban Rasulullah atas pertanyaan Amru bin ‘Abasah tersebut.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar