Senin, 28 Juli 2014

HATI IBARAT MESIN PENGGILING TEPUNG




HATI IBARAT MESIN PENGGILING TEPUNG

Oleh : Azwir B. Chaniago

Imam Ibnul Qayyim al Jauziah, (wafat tahun 751 H), berkata : Hati manusia adalah ibarat mesin penggiling tepung yang selalu berputar dan mengolah apa saja yang dimasukkan ke dalamnya. Apabila yang dimasukkan adalah biji gandum berkualitas tinggi niscaya yang dikeluarkannya adalah tepung gandum yang juga berkualitas tinggi. Namun bila yang dimasukkan adalah gandum berkualitas buruk atau sekedar kerikil dan pasir, maka anda bisa membayangkan sendiri bagaimana hasil keluarannya.
. 
Sayangnya, tidak semua orang sadar terhadap kualitas bahan yang ditaruh di penggilingan tersebut.

Seperti itulah hati. Apabila bisikan bisikan yang masuk ke dalam hati adalah bisikan ketaatan yang diperkuat dengan ‘azam atau niat yang kuat,  niscaya perbuataan yang terwujud darinya adalah ketaatan kepada Allah.
(Dari Kitab Fawaidul Fawaid).

Jadi jagalah sesuatu yang akan dimasukkan ke hati anda karena jika dimasukkan yang baik akan mengeluarkan yang baik pula. Jika  setiap hari kita memasukkan sesuatu yang buruk kedalam hati kita seperti buruk sangka, hasad dan yang lainnya maka bertumpuklah keburukan yang tertanam dalam hati kita. 

Selanjutnya, keburukan keburukan yang tertanam dalam hati seseorang akan membuat hatinya menjadi keras. Ketahuilah bahwa hati yang keras pada gilirannya akan sulit menerima kebenaran. Dia akan  melihat yang baik sebagai suatu yang buruk begitupun sebaliknya. Na’udzubillahi min dzaalik.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar