Selasa, 29 Juli 2014

BERWUDHU' SEBELUM TIDUR




BERWUDHU’ SEBELUM TIDUR

Oleh : Azwir B. Chaniago

Allah berfirman : “Laqad kaana lakum fii rasuulillahi uswatun hasanah”. Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu. (Q.S al Ahzaab 21). Ketahuilah bahwa Rasulullah haruslah menjadi teladan bagi umatnya, bagi kita semua. Beliau haruslah menjadi tauladan kita dalam segala aspek kehidupan kita. Beliau adalah uswah atau panutan kita dalam hal aqidah, ibadah dan muamalah. Manfaatnya adalah agar kita bisa meraih kebahagiaan dunia dan keselamatan di akhirat.
 
Diantara kebiasaan Rasulullah yang sangat baik untuk kita amalkan adalah beliau senantiasa berwudhu’ sebelum tidur. Beliau bersabda : “Idza ataita madhja’aka fatawadha’ wudhu-aka lishshalati tsummadh taji’ ‘ala syiqqikal aiman….” Jika engkau mendatangi pembaringanmu, maka berwudhu’lah seperti engkau hendak mengerjakan shalat, kemudian berbaringlah pada sisi tubuhmu sebelah kanan (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Apa manfaatnya berwudhu’ sebelum tidur, Allahu a’lam. Manfaat yang sudah sangat jelas adalah jika diamalkan berarti kita sudah menegakkan sunnah Nabi kita yang mulia.  Ada yang mengatakan bahwa jika berwudhu’ sebelum tidur berarti kita memulai tidur dalam keadaan suci dan andaikata kita bermimpi maka mimpi kita punya potensi untuk dapat mimpi yang baik.

Tapi ketahuilah bahwa jika sesuatu diajarkan oleh Rasulullah pastilah disitu ada kebaikan yang banyak.Bisa jadi kita mengetahui manfaat dan hikmahnya bisa juga tidak karena kekurangan ilmu kita. Allah berfirman : “Wamaa uutiitum minal ‘ilmi illaa qaliilaa” Dan tidaklah kamu diberi ilmu melainkan hanya sedikit (Q.S al Isra’ 85).

Saya ingin mengajak saudaraku yang belum biasa melakukannya,  mulailah segera mengamalkan sunnah ini yaitu berwudhu’ sebelum tidur malam ini dan malam malam selanjutnya. Insya Allah ini adalah amalan ringan untuk dilakukan tapi bernilai disisi Allah.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar