Jumat, 11 Juli 2014

CARA MENDAPATKAN ISTIQAMAH



CARA MENDAPAT ISTIQAMAH

Oleh : Azwir B. Chaniago

Dengan mengingat berbagai macam keutamaannya, maka setiap hamba pastilah ingin untuk untuk senantiasa menjadi hamba yang istiqamah. Namun istiqamah tidaklah akan diperoleh kecuali  dengan pertolongan Allah dan usaha yang sungguh sungguh untuk mendapatkannya.

 Diantara cara yang bisa dilakukan adalah :

Pertama : Selalu menjaga keikhlasan dalam beribadah. Seseorang yang ikhlas dalam beribadah maka dia tidak akan pernah merasa bosan dan tidak akan pernah merasa kenyang dalam beribadah sehingga mudah baginya untuk istiqamah. 

Kedua : Muraqabatullah, selalu merasa diawasi Allah. Selalu muhasabah, yaitu introspeksi diri terhadap amal yang dilakukan dan mujahadah, yaitu berjuang dengan sungguh sungguh untuk menggembleng diri agar tetap berada diatas ketaatan.

Ketiga : Pandai memilih amal amal yang utama dan dilakukan sesuai kemampuan sehingga tidak pernah merasa capek dan bosan dalam beramal.

Keempat : Berteman dengan orang orang shalih yang istiqamah dengan   keshalihannya. Bukankah Rasulullah pernah mengingatkan bahwa : Seseorang itu berada diatas agama teman dekatnya, maka hendaknya kalian melihat siapa yang menjadi teman dekatnya.(H.R Imam at Tirmidzi).
 
Kelima : Tidak pernah berhenti belajar ilmu syar’i. Orang yang berilmu akan besar rasa takutnya kepada Allah sehingga mendorongnya untuk selalu istiqamah dalam melakukan amal shalih.

Keenam : Senantiasa berdoa agar hati tetap kokoh dan selalu berada dalam ketaatan kepada Allah. Diantara doa yang diajarkan dan sering dibaca Rasulullah adalah :Yaa muqallibal quluub tsabbit qalbiala diinika. Ya Allah yang membolak balikkan hati (manusia) kokohkanlah hatiku dalam agamaMu (H.R Imam Ahmad dan Imam at Tirmidzi dari Ummu Salamah).

Allahu a’lam. (012)
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar