Jumat, 11 Juli 2014

SHALAT DI AWAL WAKTU



SHALAT DI AWAL WAKTU

Oleh : Azwir B. Chaniago

Seorang hamba yang telah melaksanakan shalat wajib secara tertib, ternyata masih memiliki beberapa pertanyaan dan dijadikan bahan renungan. Tujuannya adalah agar shalatnya semakin baik dan semakin  berkualitas . Diantara pertanyaan yang cukup mendasar adalah : “Apakah saya sudah selalu melaksanakan shalat wajib di awal waktu”. 

Ketahuilah bahwa shalat di awal waktu adalah sesuatu yang diajarkan dan diamalkan oleh Rasulullah bersama para sahabat. Dan juga menjadi kelaziman  orang orang shalih dari dahulu hingga sekarang dan isya Allah sampai hari Kiamat.
Ibnu Mas’ud seorang sahabat yang mulia pernah bertanya : “Ya Rasulullah aiyul  a’mali afdhalu. Qala : Shalata ‘ala miqatiha”  Wahai Utusan Allah : Amalan apa yang paling utama. Rasulullah bersabda : Shalat pada waktunya. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Jika seorang hamba tidak berusaha untuk melaksanakan shalat wajib di awal waktu maka berarti dia tidak suka kepada sesuatu yang paling utama dan paling  baik untuk urusan akhiratnya. Padahal untuk urusan dunia yang hanya sementara, semua orang berjuang untuk mendapatkan yang terbaik dan paling utama baginya.

Allahu a’lam. (009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar