Kamis, 04 Januari 2024

TETAPLAH DIATAS KEBENARAN MESKIPUN SEDIKIT ORANG MENGAMALKAN

 

TETAPLAH DIATAS KEBENARAN MESKIPUN SEDIKIT ORANG MENGAMALKAN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Imam Ibnul Qayyim memberi nasehat : Janganlah engkau merasa gundah jika engkau MENYELISIHI KEBIASAAN ORANG BANYAK DEMI BERPIHAK ATAU MEGIKUTI PERINTAH ALLAH TA'ALA DAN RASUL-NYA.  Yakinlah (jika engkau berada diatas kebenaran yang dituntun oleh syariat) bahwasanya Allah Ta'ala senantiasa bersama engkau. Engkau tidak pernah luput dari perhatian, perlindungan dan penjagaan-Nya. Sebenarnya Dia hanya menguji keyakinan dan kesabaranmu. (Fawaidul Fawaid).

Memang adalah kenyataan yang sering terjadi ketika seseorang melakukan sesuatu kebenaran sesuai syariat lalu dia akan dianggap asing dalam perbuatan atau amal shalihnya. Tentang perkara ini Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam telah mengingatkan dalam sabda beliau :

 إنّ الإسلام بدأ غريبا وسيعود غريبا كما

 بدأ، فطوبى للغرباء

Islam muncul dalam keadaan asing dan akan kembali dalam keadaaan asing, maka beruntunglah orang-orang yang asing. (H.R Imam Muslim, dari Abu Hurairah)

Selain itu,  ketahuilah bahwa ukuran kebenaran atau ukuran jalan yang lurus  belum tentu apa yang dikatakan atau dilakukan orang banyak. Orang banyak bisa jadi menyesatkan. Allah Ta'ala  berfirman :

وَإِن تُطِعْ أَكْثَرَ مَن فِي الْأَرْضِ يُضِلُّوكَ عَن سَبِيلِ اللَّهِ إِن يَتَّبِعُونَ إِلَّا الظَّنَّ وَإِنْ هُمْ إِلَّا يَخْرُصُونَ

Dan jika kamu mengikuti kebanyakan orang orang yang dimuka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkan kamu dari jalan Allah. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan belaka dan mereka tidak lain hanyalah berdusta (terhadap Allah). Q.S al An’am 116.

Syaikh as Sa'di berkata : (Dan jika kamu mengikuti kebanyakan orang orang yang dimuka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkan kamu dari jalan Allah). Karena kebanyakan manusia manusia telah menyimpang dalam agama, amal dan ilmunya.

Agama mereka (ada yang) rusak, amal mereka mengikuti hawa nafsu, ilmu mereka serabutan tak bisa mengantarkan kepada jalan yang lurus. Mereka hanya sebatas mengikuti praduga yang tidak berguna sedikitpun bagi kebenaran Dan mereka berspekulasi dalam memberikan pernyataan atas nama Allah Ta'ala tanpa landasan ilmu.

Ayat ini menunjukkan bahwa KEBENARAN TIDAK DIBUKTIKAN DENGAN BANYAKNYA PENDUKUNG. Sedikit pendukung dalam salah satu perkara tidaklah menunjukkan bahwa itu tidak diatas kebenaran. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Wallahu A'lam. (3.193).

 

 

 

                                                                                                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar