Jumat, 05 Januari 2024

PERBUATAN BURUK JUGA ADA BALASAN DI DUNIA

 

PERBUATAN BURUK JUGA ADA BALASAN DI DUNIA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, perbuatan buruk setiap orang ketika berada  di dunia akan mendapat balasan di akhirat berupa adzab dari Allah Ta'ala. Perkara ini adalah sesuatu yang ghaib dan diyakini adanya dengan iman.

Tetapi ketahuilah bahwa perbuatan buruk seseorang juga AKAN MENDAPAT BALASAN DI DUNIA. Sungguh, Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam  telah menjelaskan dan mengingatkan perkara ini dalam sabda beliau :

مَنْ ضَارَّ أَضَرَّ اللَّهُ بِهِ، وَمَنْ شَاقَّ شَقَّ اللَّهُ عَلَيْهِ

Barangsiapa yang memberikan mudarat kepada orang lain, maka Allah akan memberikan mudarat kepadanya. Barangsiapa yang memberikan kesulitan kepada seorang muslim, maka Allah akan memberikan kesulitan kepadanya. (H.R Imam Ahmad, Abu Dawud, at Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Beliau juga bersabda

يا معشر من آمن بلسانه ولم يدخل الإيمان قلبه، لا تغتابوا المسلمين ولا تتبعوا عوراتهم فإنه من تتبع عورة أخيه المسلم تتبع الله عورته ومن تتبع الله عورته يفضحه ولو في جوف بيته

Wahai orang-orang yang beriman sebatas di lisannya, namun belum sampai menyentuh kalbunya !. Jangan kalian membicarakan kekurangan seorang muslim !. Jangan pula membuka aib mereka !.

Barangsiapa yang berupaya mencari-cari aib saudaranya muslim, Allah pasti akan membalas dengan membuka aibnya. Siapa saja yang Allah buka aibnya, maka Allah akan sebarkan segala aibnya walaupun berada di dalam lobang atau kamar rumahnya. (H.R at Tirmidzi).

Selain itu, ketahuilah bahwa kelakukan buruk seseorang terhadap dirinya yaitu dengan melalaikan perintah Allah Ta'ala juga termasuk perbuatan buruk yang akan dapat balasan berupa adzab di dunia.

Sungguh, seseorang yang malas beribadah dan jauh dari mengingat Allah, maka akan diberikan rasa sempit dalam hidupnya. Sesak dalam dadanya, depresi, pendendam, suka emosi, dan lainnya. Allah Ta’ala berfirman,

وَمَنْ أَعْرَضَ عَن ذِكْرِى فَإِنَّ لَهُۥ مَعِيشَةً ضَنكًا وَنَحْشُرُهُۥ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ أَعْمَىٰ

Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya PENGHIDUPAN YANG SEMPIT, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari Kiamat dalam keadaan buta. (Q.S Taha 124).

Bahkan Allah Ta'ala  juga mengirimkan berbagai musibah dan bencana sebagai balasan atas keburukan yang dilakukan manusia di dunia. Ketahuilah bahwa musibah yang menimpa adalah akibat dosa-dosa yang diperbuatnya. Allah Ta’ala berfirman :

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ

Dan apa saja musibah yang menimpa kalian, maka adalah disebabkan oleh perbuatan tangan kalian sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu). (Q.S asy Syura 30).

Allah Ta'ala berfirman :

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar, bertaubat). (Q.S ar Rum 41).

Oleh karena itu, hamba hamba Allah bersungguh sungguhlah untuk menjauhkan diri dari perbuatan buruk karena pasti akan ada balasannya di dunia. Dan ada adzab yang lebih berat di akhirat kelak.

Wallahu A'lam. (3194)

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar