Rabu, 24 Januari 2024

PAHALA TIGA AMALAN INI DICURAHKAN ALLAH SEKEHENDAK-NYA

 

PAHALA TIGA AMALAN INI DICURAHKAN ALLAH SEKEHENDAK-NYA  

Disusun oleh : Azwir B.Chaniago

Allah Ta'ala berjanji akan memberikan balasan kepada hamba hamba-Nya yang selalu berbuat baik. Allah Ta'ala berfirman :

هَلْ جَزَاءُ الْإِحْسَانِ إِلَّا الْإِحْسَانُ

Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan pula. (Q. S ar Rahman 60).

Dan sungguh Allah Ta'ala akan membalas perbuatan baik sekecil apapun yang dilakukan hamba hamba-Nya yatu sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya :

فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ

Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah niscaya dia akan melihat (balasan) nya. (Q.S al Zalzalah 7).

Syaikh as Sa'di berkata : (Balasan ini) bersifat umum untuk seluruh kebaikan dan keburukan, karena bila manusia bisa melihat amalan seberat biji zarrah yang merupakan sesuatu yang terkecil dan diberi balasannya maka yang lebih besar tentu lebih bisa dilihat, sebagaimana disebutkan dalam firmaan-Nya :

وَوَجَدُوا۟ مَا عَمِلُوا۟ حَاضِرًا ۗ وَلَا يَظْلِمُ رَبُّكَ أَحَدًا

Dan mereka dapati (semua) apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). Dan Rabb-mu tidak menzhalimi seorang jua pun. (Q.S al Kahfi 49).

Dalam ayat ini terdapat anjuran untuk mengerjakan kebaikan meski suatu yang kecil. (Tafsir Taisir Karimir Rahman)

Selain itu, ketahuilah bahwa sungguh ada amalan amalan yang secara khusus dibalas tanpa hitung hitungan, tetapi balasannya sesuai kehendak Allah Ta'ala sepeti tidak ada batas. Oahalanya sangatlah besar dan hanya Allah Yang Maha Mengetahui. Diantara amalan dimaksud adalah :

Pertama : Bagi yang memaafkan kesalahan orang lain. Allah Ta'ala berfirman :

 فَمَنْ عَفَا وَأَصْلَحَ فَأَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الظَّالِمِينَ

Maka barangsiapa yang MEMAAFKAN dan berbuat baik maka pahalanya ATAS TABGGUNGAN ALLAH. (Q.S asy Syura 40)

Syaikh as Sa'di berkata : Tingkatan keutamaan adalah memberikan maaf dan berdamai dengan orang yang berbuat kesalahan.Allah akan memberinya balasan upah YANG SANGAT BESAR DAN PAHALA YANG SANGAT BANYAK.

Kedua : Bagi yang menjaga sikap sabar.

Ketika seseorang didatangi ujian berupa musibah   terasa sangat berat. Tetapi Allah Ta’ala mengingatkan agar bisa bersabar dan sungguh Allah Ta’ala menjanjikan PAHALA TANPA BATAS. Allah Ta’ala berfirman :

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas. (Q.S az Zumar 10).

Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin berkata : Adapun kesabaran, pahalanya berlipat ganda tidak terbatas. Hal ini menunjukkan bahwa ganjarannya sangat besar sekali hingga tak mungkin bagi seorang insan untuk membayangkan pahalanya karena tidak bisa dihitung dengan bilangan. 

Bahkan juga, pahala sabar termasuk pahala yang maklum diisi Allah tanpa bisa dibatasi. Tidak pula dapat disamakan dengan mengatakan satu kebaikan dilipat gandakan sepuluh kali sampai tujuh ratus kali lipat. Kesabaran itu pahalanya tanpa batas. (Syarah Riyadush Shalihin)

Ketiga : Bagi yang melakukan ibadah puasa.

Sungguh amalan puasa seorang hamba, Allah khususkan untuk diri-Nya. Sehingga pahala amalan puasa bisa tak terbatas jumlahnya. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ

Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (dalam satu hadits Qudsi) : Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya, disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena Aku. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Wallahu A'lam (3.210)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar