Kamis, 04 Januari 2024

ADA ORANG PALING CERDAS MENURUT RASULULLAH

 

ADA ORANG PALING CERDAS MENURUT RASULULLAH

Disusun oleh : Azwir B.Chaniago

Ketika bergaul dengan orang banyak dalam masyarakat, kita biasanya memberi NILAI CERDAS kepada orang orang yang memiliki kelebihan   tertentu, diantaranya :

(1) Orang yang bisa menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi dan terkadang disebut pintar secara akademis.

(2) Orang yang memiliki wawasan luas dan paham berbagai perkara dalam kehidupan di dunia.

(3) Orang yang bisa melihat peluang dan mampu mengambil keutamaan dari berbagai kesempatan bahkan memenangkannya.

(4) Orang selalu menang atau hampir tak pernah kalah dalam berbagai diskusi dan perdebatan.

(4) Orang yang mampu mengumpulkan harta yang banyak bahkan berlimpah dan yang lainnya.

Penilaian ini hakikatnya tidak salah secara total karena memang demikianlah keadaan dan fakta yang kita saksikan dalam masyarakat. Dan umumnya kita memberi penilaian  dan  penghormatan lebih   kepada orang orang yang cerdas ini.

Ketahuilah bahwa sungguh  Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam adalah panutan terbaik kita sebagaimana firman Allah Ta'ala : 

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat)  Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah. (Q.S al Ahzab 21).

Nah, sebagai uswatun hasanah atau suri tauladan yang baik, sungguh beliau telah memberikan petunjuk tentang siapa yang dimaksud dengan ORANG YANG PALING CERDAS. Mari kita ikuti bagaimana nasehat atau penjelasan  beliau tentang orang yang paling cerdas : 

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رضي الله عنهما أَنَّهُ قَالَ: كُنْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَجَاءَهُ رَجُلٌ مِنَ الأَنْصَارِ فَسَلَّمَ عَلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- ثُمَّ قَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ الْمُؤْمِنِينَ أَفْضَلُ قَالَ: «أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا» قَالَ فَأَىُّ الْمُؤْمِنِينَ أَكْيَسُ قَالَ: «أَكْثَرُهُمْ لِلْمَوْتِ ذِكْرًا وَأَحْسَنُهُمْ لِمَا بَعْدَهُ اسْتِعْدَادًا أُولَئِكَ الأَكْيَاسُ»

Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma, dia bercerita : Aku pernah bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, lalu datang seorang lelaki dari kaum Anshar mengucapkan salam kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam lalu bertanya :  Wahai Rasulullah, orang beriman manakah yang paling baik ?.  Beliau menjawab : Yang paling baik akhlaknya.

Orang ini bertanya lagi :  Lalu orang beriman manakah yang PALING BERAKAL (PALING CERDAS) ?. Beliau menjawab : Yang paling banyak mengingat kematian dan paling baik persiapannya (untuk hidup)  setelah kematian, merekalah yang berakal. (H.R Ibnu Majah).

Wallahu A'lam. (3.192)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar