Rabu, 03 Januari 2024

BISA JADI DOA SEORANG HAMBA DIKABULKAN DI AKHIRAT

 

BISA JADI DOA SEORANG HAMBA DIKABULKAN DI AKHIRAT

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, setiap hamba telah diberi berbagai nikmat oleh Allah Ta'ala. Allah Ta'ala berfirman :

وَمَا بِكُم مِّن نِّعْمَةٍ فَمِنَ ٱللَّهِ ۖ ثُمَّ إِذَا مَسَّكُمُ ٱلضُّرُّ فَإِلَيْهِ تَجْـَٔرُونَ

Dan segala nikmat yang ada padamu (datangnya) dari Allah. (Q.S an Nahl 53).

Kemudian, dengan kasih sayang-Nya, Allah Ta'ala menyuruh hamba hama-Nya meminta tambahan nikmat dengan cara berdoa dan memohon kepada-Nya. Dan Allah Ta'ala berjanji akan mengabulkannya sebagaimana firman-Nya ;

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Rabb-mu berfirman : Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dia. (Q.S al Ghafir 60).

Ketahuilah bahwa bentuk pengabulan doa itu ada dalam tiga keadaan yaitu sebagaimana sabda Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam yang diriwayatkan dari Dari Abu Sa'id :


ما مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ وَلاَ قَطِيعَةُ رَحِمٍ إِلاَّ أَعْطَاهُ اللَّهُ بِهَا إِحْدَى ثَلاَثٍ إِمَّا أَنْ تُعَجَّلَ لَهُ دَعْوَتُهُ وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِى الآخِرَةِ وَإِمَّا أَنُْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنَ السُّوءِ مِثْلَهَا ». قَالُوا إِذاً نُكْثِرُ. قَالَ اللَّهُ أَكْثَرُ

Tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi melainkan Allah akan beri padanya tiga hal : (1) Allah akan segera mengabulkan doanya, (2) Allah akan MENYIMPANNYA BAGINYA DI AKHIRAT KELAK, dan (3) Allah akan menghindarkan darinya keburukan yang semisal.

Para sahabat lantas berkata : Kalau begitu kami akan memperbanyak berdoa. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam  lantas bersabda : Allah nanti yang memperbanyak mengabulkan doa-doa kalian. (H.R Imam Ahmad).

Berkenaan dengan hadits ini, Imam Ibnu al Jauzi berkata : Barangsiapa telah dikabulkan doanya di dunia, kelak pada hari Kiamat permintaan permintaan yang telah dikabulkan itu akan sirna sementara doanya yang belum terjawab MASIH TERSISA PAHALANYA. Orang yang bersangkutan akan berkata : Ya Allah seandainya Engkau tak pernah mengabulkan doaku di dunia dahulu.

(Oleh karena itu) pahami dan selamatkan hati kalian agar TIDAK MERAGUKAN TERKABULNYA DOA. Jangan pernah pula kalian terburu buru meminta pengabulan doa. (Kitab Shaidul Khatir).

Wallahu A'lam. (3.191)      

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar