Jumat, 19 Januari 2024

MELAKSANAAN SHALAT SHUBUH DAN ISYA SANGAT BERAT BAGI MUNAFIK

 

MELAKSANAAN SHALAT SHUBUH DAN ISYA SANGAT BERAT BAGI MUNAFIK

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Hakikatnya, melaksanakan perintah shalat fardhu lima kali sehari semalam tidaklah terasa berat bagi orang orang beriman. Sungguh, itu perintah Allah Ta'ala yang wajib dipenuhi dengan sungguh sungguh. Ketahuilah bahwa Allah Ta'ala tidak membebankan suatu kewajiban kepada hamba hamba-Nya kecuali dalam batas kemampuannya. Allah Ta'ala berfirman :

 لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kemampuannya. (Q.S al Baqarah 286).

Ketahuilah bahwa syariat Islam itu mudah yaitu sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah Ta’ala :

يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ

Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesulitan bagimu. (Q.S. Al Baqarah 185).

Maksud ayat ini adalah Allah menghendaki hal yang memudahkan bagi kalian jalan yang menyampaikan kalian kepada ridha-Nya dengan kemudahan yang paling mudah dan meringankannya dengan keringanan yang paling ringan. Segala yang diperintahkan Allah atas hamba-hamba-Nya pada dasarnya adalah sangat mudah.  

Bila terjadi rintangan yang menimbulkan kesulitan maka Allah akan memudahkannya dengan kemudahan lain yaitu dengan menggugurkannya atau menguranginya dengan segala bentuk pengurangan. (Tafsir Karimir Rahman, Syaikh as Sa’di)

Perhatikanlah bahwa orang orang shalih dari dahulu hingga sekarang ternyata mereka sanggup, bersemangat, tak pernah merasa bosan dan selalu dengan senang hati serta ikhlas  melaksanakan IBADAH WAJIB SEPENUHNYA ditambah pula dengan ibadah ibadah sunnah yang sangat banyak jumlah dan jenisnya.

Tetapi sungguh sangat berbeda dengan sifat munafik dalam beribadah khususnya dalam melaksanakan shalat fardhu. Mereka para munafik merasa sangat berat melaksanakan shalat Shubuh dan shalat Isya.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : 

لَيْسَ صَلاَةٌ أثْقَلَ عَلَى المُنَافِقِينَ مِنْ صَلاَةِ الفَجْرِ وَالعِشَاءِ ، وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْواً

Tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang munafik selain dari shalat Shubuh dan shalat Isya. Seandainya mereka tahu keutamaan yang ada pada kedua shalat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walau sambil merangkak. (H.R Imam Bukhari).

Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin rahimahullah berkata : Orang munafik itu shalat dalam keadaan riya dan sum’ah (ingin dilihat dan didengar orang lain). Di masa silam shalat Shubuh dan shalat Isya tersebut dilakukan dalam keadaan gelap sehingga mereka, orang munafik, tidak menghadirinya. Mereka enggan menghadiri kedua shalat tersebut.

Namun untuk shalat lainnya, yaitu shalat Zhuhur, Ashar dan Maghrib, mereka tetap hadir karena jama’ah yang lain melihat mereka. Dan mereka kala itu cari muka dengan amalan shalat mereka tersebut. Mereka hanyalah sedikit berdzikir kepada Allah. (Syarh Riyadhus Shalihin).

Oleh karena itu, hamba hamba Allah jangan pernah melalaikan atau bermalas malasan dalam memenuhi perintah Allah Ta'ala terutama sekali shalat fardhu termasuk shalat Shubuh dan shalat Isya.

Wallahu A'lam. (3.206)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar