Sabtu, 13 Januari 2024

PERBUATAN BAIK SESEORANG DIBALAS DI DUNIA DAN DI AKHIRAT

 

PERBUATAN BAIK SESEORANG DIBALAS DI DUNIA DAN DI AKHIRAT

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, Allah Ta'ala telah menyuruh manusia untuk berbuat kebaikan dan juga melarang manusia untuk berbuat keji dan mungkar. Allah Ta'ala berfirman : 

۞ إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَيَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ ۚ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, dan  memberi kepada kaum kerabat dan Allah melarang perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. (Q.S an Nahal 90).

Ketahuilah bahwa sungguh Allah Ta'ala akan   membalas semua perbuatan baik atau amal shalih yang dilakukan  orang orang beriman. Allah Ta'ala berfirman : 

هَلْ جَزَاءُ الْإِحْسَانِ إِلَّا الْإِحْسَانُ

Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan pula. (Q. S ar Rahman 60).

Tentang ayat ini, Syaikh Abdurrahman bin Nashir  as Sa'di berkata : Maksudnya adalah bahwa tidak ada balasan bagi seseorang :

 (1) Yang telah beribadah kepada Allah Ta'ala dengan baik, dan

(2) Dan memberikan manfaat bagi hamba-Nya yang lain.

Melainkan akan dibalas DENGAN KEBAIKAN (PULA) dengan : (1) Pahala yang berlimpah. (2) Kemenangan yang besar. (3) Kenikmatan yang abadi dan (4) KEHIDUPAN YANG SEJAHTERA. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Dan juga  Allah Ta’ala menjelaskan tentang balasan kepada orang yang beramal shalih, yaitu sebagaimana firman-Nya :

مَنْ عَمِلَ صَٰلِحًا مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُۥ حَيَوٰةً طَيِّبَةً ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Barangsiapa yang beramal saleh, laki laki atau perempuan sedangkan dia beriman, akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik. Dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (Q.S an Nahal 97).

Imam Ibnu Katsir berkata : Inilah janji dari Allah Ta’ala bagi orang yang mengerjakan amal shalih, yaitu amal yang mengikuti al Qur an dan as Sunnah, baik laki laki maupun wanita yang hatinya beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.

Amal yang diperintahkan itu telah disyariatkan dari sisi Allah, yaitu Dia akan memberinya KEHIDUPAN YANG BAIK DI DUNIA dan memberikan BALASAN DI AKHIRAT  kelak dengan balasan yang lebih baik dari pada apa yang telah dikerjakannya. (Tafsir Ibnu Katsir).

Oleh karena itu hamba hamba Allah haruslah senantiasa  berusaha melakukan perbuatan baik atau amal shalih sehingga memperoleh balasan KEBAIKAN DI DUNIA DAN DI AKHIRAT.

Wallahu A'lam. (3.199).

 

  

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar