Kamis, 01 Juni 2023

JANGAN MERASA RISIH JIKA HANYA BISA BERSEDEKAH SEDIKIT

 

JANGAN MERASA RISIH JIKA HANYA BISA BERSEDEKAH SEDIKIT

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, berinfak atau bersedekah termasuk perbuatan atau amalan yang sangat sangat dianjurkan, sangat terpuji  dalam syariat Islam. Allah Ta'ala berfirman :  

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَنْفِقُوا مِمَّا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ يَوْمٌ لَا بَيْعٌ فِيهِ وَلَا خُلَّةٌ وَلَا شَفَاعَةٌ ۗ وَالْكَافِرُونَ هُمُ الظَّالِمُونَ

Wahai orang orang yang beriman !. Infakkanlah sebagian dari rizki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan dan tidak ada lagi syafaat. Orang orang kafir itulah orang yang zhalim. (Q.S al Baqarah 254).

Oleh karena itu, hamba hamba Allah hendaklah senantiasa berusaha agar senantiasa bisa berinfak atau bersedekah sesuai kemampuan. Ketahuilah bahwa sungguh berinfak dalam keadaan sempit atau lapang adalah salah satu tanda orang bertakwa. Allah Ta'ala berfirman :

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ ۗ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

(Orang yang bertakwa adalah) orang yang menafkahkan hartanya dalam  KEADAAN LAPANG ATAU DALAM KEADAAN SEMPIT, menahan amarahnya dan suka memaafkan kesalahan manusia. Dan Allah menyukai orang orang yang berbuat baik. (Q.S Ali Imran 134).

Syaikh as Sa'di berkata : Yaitu pada saat kondisi mereka sedang sulit atau kondisi mereka sedang lapang. Bila mereka sedang lapang mereka akan berinfak dengan lebih banyak dan bila mereka sedang kesulitan MEREKA TIDAK MENGANGGAP REMEH SUATU KEBAIKAN WALAUPUN HANYA BERINFAK SEDIKIT SAJA. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).  

 

Seorang bersedekah dalam jumlah yang sedikit bahkan SANGAT SEDIKIT janganlah merasa risih ataupun rendah diri. Apalagi jika dapat kabar bahwa ada orang orang yang berinfak dan bersedekah ratusan juta bahkan milyaran. Ketahuilah bahwa masih sangat orang orang yang memmiliki harta yang banyak tetapi sulit untuk bernfak atau bersedekah. Jadi risihlah jika tak ada keinginan untuk bersedekah. 

Sungguh nilai infak dan sedekah terletak pada tingkat keikhlasan seseorang dan juga nilai yang dikeluarkan untuk infak dan sedekah dibanding dengan harta yang dimilikinya.

Tentang nilai sedekah yang sedikit bisa bernilai lebih besar di sisi Allah Ta'ala.  Sungguh Rasululah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda : 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ سَبَقَ دِرْهَمٌ مِائَةَ أَلْفِ دِرْهَمٍ قَالُوا وَكَيْفَ قَالَ كَانَ لِرَجُلٍ دِرْهَمَانِ تَصَدَّقَ بِأَحَدِهِمَا وَانْطَلَقَ رَجُلٌ إِلَى عُرْضِ مَالِهِ فَأَخَذَ مِنْهُ مِائَةَ أَلْفِ دِرْهَمٍ فَتَصَدَّقَ بِهَا

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Satu dirham dapat mengungguli seratus ribu dirham. Lalu ada yang bertanya : Bagaimana itu bisa terjadi wahai Rasulullah.?. Beliau bersabda : Ada seorang yang memiliki dua dirham lalu mengambil satu dirham untuk disedekahkan. 

Ada pula seseorang memiliki harta yang banyak sekali, lalu ia mengambil dari kantongnya seratus ribu dirham untuk disedekahkan. (H.R an Nasa'i  dan Imam Ahmad, dihasankan oleh Syaikh al Albani).

Wallahu A'lam. (3.012).

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar