Kamis, 22 Juni 2023

MENDAPAT PENJAGAAN ALLAH DENGAN SHALAT DHUHA

 

MENDAPAT PENJAGAAN ALLAH DENGAN SHALAT DHUHA

 

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh sepanjang kehidupannya, seorang hamba sangatlah membutuhkan penjagaan dan perlindungan dari Allah agar dia selalu berada dalam kebaikan dan keselamatan. Ketahuilah bahwa sangatlah banyak jalan bagi orang beriman untuk mendapatkan perjagaan Allah Ta'ala.

Satu diantaranya adalah  melaksanakan shalat dhuha empat rakaat.  Dalam sebuah hadits qudsi, Rasulullah Salallahu 'alahi Wasallam  bersabda bahwa Allah Ta’ala berfirman :  

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تَعْجِزْ عَنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ

Allah 'Azza Wajalla berfirman : Wahai anak Adam, shalatlah untuk-Ku di pagi hari empat rakaat (shalat dhuha), niscaya Aku akan menjagamu sampai akhir hari (mu). H.R at Tirmidzi dishahihkan oleh Syaikh al Albani. 

Imam al ‘Azhim Abadi- menyebutkan : Hadits ini bisa mengandung pengertian bahwa shalat Dhuha akan menyelematkan pelakunya dari berbagai hal yang membahayakan. Bisa juga dimaksudkan bahwa shalat Dhuha dapat menjaga dirinya dari terjerumus dalam dosa atau ia pun akan dimaafkan jika terjerumus di dalamnya. Atau maknanya bisa lebih luas dari itu. (‘Aunul Ma’bud).

At Thibiy berkata : Yaitu  engkau akan diberi kecukupan dalam kesibukan dan urusanmu, serta akan dihilangkan dari hal-hal yang tidak disukai setelah engkau shalat hingga akhir siang. Yang dimaksud, selesaikanlah urusanmu dengan beribadah pada Allah di awal siang (di waktu dhuha), maka Allah akan mudahkan urusanmu di akhir siang. (Tuhfatul Ahwadzi).

Tentang jumlah rakat shalat dhuha, sebagian ulama berpendapat tidak ada batasannya, dalilnya adalah hadits dari Aisyah radhiallahu’anha : 

كان النبيُّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم يُصلِّي الضُّحى أربعًا، ويَزيد ما شاءَ اللهُ

Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam SHALAT DHUHA EMPAT RAKAAT dan beliau biasa menambahkan sesuka beliau (H.R Imam Muslim)

Oleh karena itu hamba hamba Allah sangatlah dianjurkan untuk senantiasa melakukan shalat dhuha sehingga memperoleh kebaikan yang banyak di dunia dan diahiratnya. Wallahu A'lam. (3.026)  

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar